Politik   2024/09/10 13:30 WIB

Baru Terpilih Sebagai Caleg, 6 Orang Mundur Demi 'Pertarungan' di Pilkada 2024

Baru Terpilih Sebagai Caleg, 6 Orang Mundur Demi 'Pertarungan' di Pilkada 2024
Ilustrasi Caleg terpilih

PEKANBARU – Usai pelantikan 65 anggota DPRD Riau pada Jumat 6 September 2024 kemarin, 6 Anggota DPRD Riau mundur demi bertarung di Pilkada 2024.

Peta politik di Provinsi Riau mulai tergambar jelas.

Ma'mun Solikhin dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terpilih sebagai Ketua DPRD Riau sementara, didampingi oleh Indra Gunawan Eet dari Golkar yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Riau sementara.

Pelantikan anggota DPRD periode 2024–2029 yang maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Setidaknya, enam anggota DPRD terpilih telah menyatakan diri siap mundur setelah penetapan resmi sebagai calon kepala daerah.

Satu nama yang mencuat yaitu Agung Nugroho, anggota DPRD terpilih dari Dapil Pekanbaru. Agung maju dalam Pemilihan Walikota Pekanbaru.

Selain Agung, nama lain seperti Kelmi Amri dari Dapil Rokan Hulu juga mempersiapkan diri untuk bertarung di Pilkada Rokan Hulu.

Ade Agus Hartanto dari Dapil Indragiri Hulu - Kuantan Singingi ikut bersaing dalam Pilkada Inhu, dan Dani Nursalam dari Dapil Indragiri Hilir akan maju dalam Pilkada Inhil.

Sementara itu, dua nama baru yang juga akan berkompetisi dalam Pilkada Kampar dan Inhil adalah Repol dari Dapil Kampar dan Ferryandi dari Dapil Inhil.

Langkah ini mencerminkan dinamika politik di Riau yang semakin kompetitif. Dengan anggota DPRD rela melepas kursinya demi turut maju dalam Pilkada.

Sesuai aturan KPU, waktu penetapan pasangan calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dilakukan pada 22 September 2024. Bagi pejabat termasuk anggota DPRD terpilih harus persiapkan pengunduran diri sebelum waktu tersebut. (*)

Tags : anggota dprd dilantik, anggota dprd mundur, riau, baru dilantik anggota dprd mundur, pertarungan di pilkada 2024,