Headline News   2023/02/12 16:29 WIB

Batas Laut Riau Disepakati yang Ditetapkan Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri

Batas Laut Riau Disepakati yang Ditetapkan Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri

JAKARTA - Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri menetapkan batas laut Riau yang dihadiri para kepala daerah 4 provinsi di Pulau Sumatera .

"Batas laut Riau disepakati oleh para kepala daerah di Pulau Sumatera yang ditetapkan Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemndagri."

"Penetapan batas laut Riau ini penting. Karena ini akan menjadi acuan untuk pengelolaan sumber daya alam di laut kita," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Drs Masrul Kasmy yang ikut menghadiri rapat pembahasan itu di Hotel Best Western Plus, Kemayoran, Jakarta, Rabu (8/2/2023) malam.

"Insyaallah dalam waktu dekat akan diterbitkan Permendagri yang mengatur tentang perbatasan sumber daya alam laut di Provinsi Riau," ujar Masrul Kasmy.

Perbatasan laut antara Provinsi Riau dengan Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Jambi sudah disepakati kewenangan pengelolaan sumber daya alam (SDA) lautnya.

Kesepakatan itu ditetapkan dalam rapat yang difasilitasi Direktorat Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri. Rapat berlangsung di Hotel Best Western Plus, Kemayoran, Jakarta, Rabu (8/2/2023) malam.

Hadir dalam rapat itu Gubernur Riau yang diwakilkan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Drs Masrul Kasmy. Didampingi Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Mhd Firdaus, dan Kepala Bagian Kerja Sama dan Perbatasan Setdaprov Riau Rayan Pribadi.

Kemudian Kepala Bidang Kelautan dan Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Ir Herimufty dan Kepala Bidang Pertanahan dan Penataan Ruang, Dinas PUPR-PKPP, Iwan Suryawan.

Turut hadir salama rapat kesepakatan tentang perbatasan sumber daya alam laut itu, Pemerintah Provinsi Sumbar, Jambi dan Kepulauan Riau. Selain menyepakati dengan menandatangani perbatasan laut Provinsi Riau, juga disepakati batas laut Provinsi Jambi, batas laut Provinsi Bengkulu, batas laut Provinsi Sumbar, dan batas laut Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). (rilis)

Tags : Batas Laut Riau, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Tetapkan Batas Laut, Empat Kepala Daerah di Pulau Sumatera Sepakati Batas Laut, News,