News Kota   2024/08/26 16:54 WIB

BBPOM Uji Jajanan di Area CFD untuk Tingkatkan Kesadaran Keamanan Pangan

BBPOM Uji Jajanan di Area CFD untuk Tingkatkan Kesadaran Keamanan Pangan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru melakukan uji jajanan yang dijual di area Car Free Day (CFD) Pekanbaru, Minggu (25/8/2024).

"Pemeriksaan dan uji jajanan di area CFD untuk tingkatkan kesadaran keamanan pangan."

“Petugas BPOM dan anggota Saka Pramuka memberikan edukasi kepada masyarakat, melakukan pengujian sederhana terhadap obat dan makanan, serta memantau keamanan makanan di area CFD,” kata Kepala BPOM Pekanbaru, Alex Sander Sfarm, Senin (26/8).

Selain meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keamanan pangan, BPOM juga melakukan pengujian makanan yang dilakukan di Jalan Cut Nyak Dien, tepatnya di sekitar Kantor Pustaka Wilayah dan Kantor Gubernur Riau.

Kegiatan ini turut menampilkan berbagai produk obat dan makanan ilegal yang tidak memiliki izin edar.

Dalam kegiatan tersebut, BPOM Pekanbaru melibatkan Satuan Karya (Saka) Pramuka yang telah diberikan pelatihan sebelumnya.

Dalam pelaksanaannya, beberapa anggota Saka Pramuka diarahkan untuk membeli jajanan yang kemudian dibawa ke mobil laboratorium BBPOM yang sudah disiapkan di lokasi.

Sampel makanan tersebut kemudian diuji petugas untuk mengetahui apakah terdapat zat berbahaya yang dapat mengancam kesehatan masyarakat.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah memberdayakan Saka Pramuka Pengawas Obat dan Makanan yang telah dilatih untuk menjalankan tiga Krida, yaitu edukasi, pemantauan, dan pengujian,” lanjut Alex.

Melalui pameran ini, BBPOM Pekanbaru juga menyebarkan informasi kepada masyarakat mengenai ciri-ciri obat dan makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi.

Di lokasi pameran, disediakan rak yang memajang beberapa contoh produk ilegal yang tidak memiliki izin edar.

Edukasi juga diberikan mengenai cara membedakan produk legal dan ilegal dengan memeriksa nomor izin edar yang tercantum pada kemasan.

"Selain memberdayakan Saka Pramuka BPOM Pekanbaru, pameran ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI,” pungkas Alex. (rp.elf/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : balai besar pengawas obat makanan, bbpom, uji jajanan di jalanan, area cfd, pekanbaruuji jajanan tingkatkan keamanan pangan, News Kota,