Nasional   2024/04/11 21:55 WIB

Beberapa Negara Islam Termasuk Indonesia jadi Negara Besar dan Terkaya di Dunia

Beberapa Negara Islam Termasuk Indonesia jadi Negara Besar dan Terkaya di Dunia

JAKARTA - Sejumlah 1,9 miliar atau sekitar 25% populasi dunia adalah umat Islam. Alhasil beberapa negara Islam menjadi negara besar di dunia.

Merujuk dari data Bank Dunia pada 2022, Produk Domestik Bruto (PDB) negara mayoritas Islam tertinggi di dunia yakni Indonesia yang berada di peringkat 16 dengan angka US$1.319 miliar.

Posisi kedua ditempati oleh Arab Saudi yang berada di peringkat 17 sebesar US$1.108 miliar.

Sementara jika dibagi dengan jumlah penduduknya (PDB per kapita), Qatar menjadi negara dengan PDB per kapita terbesar di dunia yakni sebesar US$114 ribu pada 2023 dan Qatar juga menjadi satu-satunya negara Islam dengan PDB per kapita lebih dari US$100 ribu.

Sedangkan di posisi kedua yakni Uni Emirat Arab dengan PDB per kapita sebesar US$88 ribu.

Menurut perkiraan Economist Intelligence untuk tahun 2024, daerah Timur Tengah yang sebagian besar diisi oleh negara Islam, diperkirakan akan tumbuh tak lebih dari 3% menyusul perkiraan pertumbuhan yang sangat kecil sebesar 1,8% pada tahun 2023.

Lebih lanjut, menurut International Monetary Fund (IMF), kawasan Middle East and North Africa (MENA) diperkirakan akan membaik pada tahun 2024 dan 2025 karena para ekonom memperkirakan faktor-faktor pertumbuhan akan membaik, seperti pengurangan produksi minyak sementara dan pelonggaran inflasi di sebagian besar negara pengekspor minyak.

Begitu pula bagi negara Islam yang berada di Afrika, ekonomi Afrika diperkirakan akan menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang signifikan dibandingkan sebagian besar kawasan, dengan rata-rata PDB berpotensi mencapai hingga 3,5% pada tahun 2024, sesuai dengan Situasi dan Prospek Ekonomi Dunia (WESP) PBB. (*)

Tags : islam, negara arab saudi, qatar, timur tengah, indonesia,