Pekanbaru   2024/05/15 14:37 WIB

Bencana Alam di Sumbar Buat Melonjaknya Harga Pangan di Pasar Tradisional Pekanbaru

Bencana Alam di Sumbar Buat Melonjaknya Harga Pangan di Pasar Tradisional Pekanbaru

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Musibah banjir dan longsor di Sumatera Barat dikhawatirkan berdampak kepada melonjaknya harga pangan di sejumlah pasar tradisional di Kota Pekanbaru.

"Harga pangan melonjak di pasar tradisional Pekanbaru."

"Harga cabai bukit hari ini cenderung naik dari harga sebelumnya berkisar Rp60-70 ribu per kilogram hari ini Rp85 ribu per kilogram," kata Teti salah seorang pedagang harian saat berbelanja di pasar pagi Limapuluh, Rabu (15/5).

Tidak hanya cabai sayur-mayur juga cenderung naik," sebutnya

Kebutuhan pangan seperti beras, cabai, bawang dan sayur mayur di Kota Pekanbaru saat ini masih bergantung kepada daerah pemasok seperti Sumbar.

Beberapa kebutuhan tersebut kerap mengalami gejolak harga di pasar, terutama jika terjadi gangguan di jalur distribusi seperti jalan putus akibat bencana alam atau terjadinya gagal panen di tingkat petani.

Akibatnya, pasokan barang yang masuk ke pasar-pasar tradisional di Kota Pekanbaru berkurang dan harga cenderung naik karena tingginya permintaan.

Harga bawang merah juga masih terpantau tinggi yakni bawang merah Rp48-50 ribu per kilogram padahal jika dibandingkan harga normal hanya berkisar Rp25 ribu per kilogram.

Untuk kentang juga terpantau masih tinggi yakni Rp18 ribu per kilogram.

Tidak hanya komoditas cabai, bawang dan sayur mayur. Kebutuhan lainnya seperti gula dan minyak goreng juga masih terpantau tinggi yakni minyak goreng curah diharga Rp17 ribu per liter padahal jika dibandingkan harga normal hanya berkisar Rp15 ribu per liter.

Sedangkan untuk minyak goreng kemasan (Sanco) jauh lebih mahal yakni Rp19.500 per liter.

"Barang-barang kering pada naik seperti gula dan minyak goreng. gula pasir aja modal kita ambil Rp18.500 per kilogram dan dijual lagi Rp19 ribu per kilogram sebelumnya Rp17-18 ribu per kilogram," tuturnya.

"Harga beras juga mengalami kenaikan seperti beras anak daro dari Rp170 ribu per kilogram naik menjadi Rp175 ribu per kilogram," sebutnya. (rp.jon/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : harga pangan melonjak, bencana alam di sumbar buat harga pangan melonjak, harga pangan melonjak di pasar tradisional pekanbaru ,