Pekanbaru   2023/08/17 11:43 WIB

Berbagai Ragam Pakaian Adat Daerah Hiasi Upacara HUT Ke-78 RI di Pemko Pekanbaru 

Berbagai Ragam Pakaian Adat Daerah Hiasi Upacara HUT Ke-78 RI di Pemko Pekanbaru 
Momen para pejabat Pemko Pekanbaru mengenakan pakaian adat berbagai daerah dalam upacara HUT ke-78 RI di Komplek Perkantoran Tenayan Raya.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia saat Upacara HUT ke-78 RI, yang merupakan arahan dari Pemerintah Pusat.

Berbagai ragam pakaian adat daerah hiasi upacara HUT ke-78 RI.

Mulai dari baju adat Riau yang identik dengan Melayu, kemudian Kampar, Deli Serdang, Palembang, Betawi, Solo, NTB, Kalimantan Tengah, Solo, Delu Serdang, Riau, Kampar, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Melayu, Dayak, Maluku, Madura dan daerah lainnya.

Dari pantauan dilokasi, Pemko Pekanbaru menggelar upacara HUT ke-78 RI di Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru, Tenayan Raya, Kamis (17/8/2023).

Seperti disebutkan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, diminta mengenakan atau memakai pakaian adat daerah masing-masing pada upacara HUT ke-78 Republik Indonesia, 17 Agustus 2023.

"Berkaitan dengan pakaian, memang ada anjuran dari Pemerintah Pusat untuk menggunakan pakaian adat daerah masing-masing," kata Sekdako Indra Pomi Nasution, Senin (14/8).

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutan, penggunaan pakaian adat di Hari Jadi ke-78 RI merupakan arahan dari Pemerintah Pusat.

Seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala bagian (kabag) dan para undangan diminta memakai pakaian adat masing-masing pada saat upacara bendera.

"Pokoknya pakaian adat masing-masing lah. Kalau mungkin nanti dari Medan, itukan ada pakaian adat Batak. Dari Mandailing ada pakaian adat Mandailing, dari Padang ada pakaian adat Minangkabau, kemudian dari Melayu sendiri ada Melayu. Kemudian dari Makasar pakai Makassar," ujarnya.

Khusus dirinya, disampaikan Indra jika ia berencana memakai penutup kepala dari adat Papua.

"Saya ini merah putih ya. Jadi saya ingin nanti kalau dapat, saya mau pakai penutup kepala adat Irian, Papua. Untuk pakaian menyesuaikan, mungkin saya pakai jas atasnya pakai penutup kepala asal Papua itu," katanya.

Sesuai jadwal, upaca bendera HUT ke-78 RI tahun 2023 digelar Pemko Pekanbaru di lapangan upaca komplek perkantoran terpadu walikota di Kecamatan Tenayan Raya

Upacara 17 Agustus yang digelar Pemko Pekanbaru dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI belum dimulai. Protokoler hingga panitia pelaksana masih dalam persiapan.

Dalam upacara tersebut turut diikuti oleh personel kepolisian, TNI, Basarnas, Brimob, Paskhas, AURI, Damkar, Satpol PP, BPBD. (rp.sul/*)

Tags : hut ke 78 ri, hut ri, upacara hut kemerdekaan, pejabat pekanbaru, pejabat pakai baju adat, upacara hut ke-78 ri,