Teknologi   2022/02/06 14:1 WIB

'Berlian Hitam' Berusia Miliaran Tahun Dilelang

'Berlian Hitam' Berusia Miliaran Tahun Dilelang

BERLIAN HITAM berumur miliaran tahun yang diduga berasal dari luar angkasa kini tengah ditawarkan kepada khalayak umum oleh Balai Lelang Sotheby's yang bermarkas di London, Inggris.

Berlian bernama 'Enigma' itu disebut sebagai berlian potongan terbesar di dunia, menurut versi Guinness World Record pada 2006.

Dengan bobot 555,55 karat, berat Enigma melampaui berlian Great Star of Africa seberat 530,2 karat serta berlian Golden Jubilee seberat 545,67 karat.

Lelang Enigma akan digelar hingga 9 Februari mendatang dengan estimasi nilai penjualan mencapai US$6 juta (sekitar Rp86,3 miliar).

Tapi, apa sebenarnya berlian hitam?

Berlian hitam pertama kali ditemukan pada 1841 oleh sekelompok penjelajah Portugal di Brasil. Mereka menyebut benda tersebut 'carbonado' karena mirip sebongkah batubara.

Keberadaan berlian hitam amat jarang di dunia. Sesuai dengan namanya, berlian tersebut terlihat gelap dan tidak transparan.

Berlian pada umumnya ditemukan menyatu dengan batu kimberlit jauh di dalam permukaan tanah.

Akan tetapi, berlian hitam atau 'carbonado' ditemukan pada lapisan sedimen yang dekat dengan permukaan tanah.

Itu sebabnya berlian hitam diduga berasal dari luar angkasa. Pasalnya berlian hitam seperti Enigma diyakini tercipta karena benturan meteorit atau akibat ledakan supernova yang membentuk asteroid lalu kemudian menghujam Bumi pada kedalaman rendah.

Apa yang unik dari Enigma?

Berlian hitam seperti Enigma hanya bisa ditemukan di Brasil atau Republik Afrika Tengah, yang memperkuat dugaan bahwa benda itu berasal dari luar angkasa.

Kedua kawasan itu, sebagaimana dipaparkan Sotheby's, terhubung lebih dari satu miliar tahun lalu dan membentuk benua super bernama Rodinia. Pada periode inilah, kawasan itu diyakini dihujam meteorit sehingga sebaran berlian carbonado berada di sana.

Enigma sendiri diperkirakan berumur 2,6 miliar hingga 3,8 miliar tahun lalu.

Ahli perhiasan dari balai lelang Sotheby's, Nikita Binani, mengatakan Enigma adalah berlian yang "unik dan berharga".

"Berlian ini telah dicintai pemiliknya selama dua dekade dan berlian ini tidak pernah diperlihatkan kepada khalayak umum atau ditawarkan ke pasar secara terbuka. Sehingga kami begitu senang mendapat kesempatan untuk memaparkan kisahnya kepada dunia.

"Penjualan [berlian] ini adalah kesempatan seumur hidup untuk mendapatkan salah satu keajaiban terlangka berumur miliaran tahun yang diketahui umat manusia," papar Nikita Binani seperti dirilis BBC. (*)

f.Berlian hitam bernama Enigma sedang diperlihatkan kepada khalayak di Dubai, Uni Emirat Arab.

Tags : Bisnis, Inggris raya, Gaya hidup, Alam,