News Kota   2022/04/30 15:46 WIB

BI Riau Sediakan 4 Mobil Kas Keliling, 'untuk Tukar Uang Jadi Pecahan Kecil'

BI Riau Sediakan 4 Mobil Kas Keliling, 'untuk Tukar Uang Jadi Pecahan Kecil'

PEKANBARU - Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau Bidang Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Manajemen Internal, Asral Mashuri mengatakan, BI Riau sediakan 4 mobil kas keliling untuk tukar uang jadi pecahan kecil.

"BI Riau sediakan 4 mobil kas keliling untuk tukar uang jadi pecahan kecil."

"Kami memprediksi tahun ini kebutuhan uang tunai jelang Lebaran mencapai Rp5,02 triliun karena tahun ini ada kebijakan cuti bersama dan diperbolehkannya mudik oleh pemerintah. Tetapi, realisasi di lapangan justru penarikan uang tunai mencapai Rp5,2 Triliun. Naik Rp700 miliar dibandingkan tahun lalu," kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, Asral Mashuri, Kamis (28/4/2022).

Dalam acara media briefing pemenuhan kebutuhan uang rupiah dan perkembangan harga bahan pokok jelang Idul Fitri 1443 H, Asral Mashuri mengatakan BI telah mengoperasikan mobil kas keliling bagi masyarakat Pekanbaru yang ingin menukarkan uang pecahan kecil jelang Idul Fitri 1443 Hijriah.

Mobil kas keliling itu beroperasi di 4 titik di Kota Pekanbaru yaitu di lapangan Purna MTQ Jalan Sudirman, Stadion Rumbai Jalan Yos Sudarso, Stadion Utama Riau Jalan Naga Sakti dan Masjid Raya Annur di Jalan Hangtuah.

Sementara untuk daerah lain, BI Provinsi Riau memiliki 3 lokasi kas titipan di mana bank yang ditunjuk menjadi perwakilan bank sentral dalam menyalurkan uang tunai ke bank sekitarnya. Ketiga lokasi itu yaitu di Rengat dengan mitra Bank BNI, lalu Pasir Pengarayan dan Selatpanjang dengan mitra Bank Riau Kepri.

Sementara itu, Asral mengatakan BI Provinsi Riau mencatat adanya peningkatan permintaan uang tunai jelang lebaran Idul Fitri mendatang. (rp.sul/*)

Tags : Bank Indonesia, BI Perwakilan Riau, Sediakan Mobil Kas Keliling, Tukar Uang Pecahan,