News Daerah   2024/06/19 9:33 WIB

Bistamam Serius Maju Pilkada Rohil yang Didukung Masyarakat dan Partai, 'Tapi Alat Peraga Balihonya Terus Dirusak Oleh OTK'

Bistamam Serius Maju Pilkada Rohil yang Didukung Masyarakat dan Partai, 'Tapi Alat Peraga Balihonya Terus Dirusak Oleh OTK'
H. Bistamam ditengah masyarakat Rohil.

ROKAN HILIR - Anggota Dewan Pertimbangan Partai Golkar Provinsi Riau yang juga dikenal sebagai bapak kepala transmigrasi, H. Bistamam serius maju di Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada] Rohil 2024 ini.

"Tokoh Rohil maju di Pilkada 2024 untuk mengubah daerah [seribu kubah] lebih baik."

"H. Bistamam banyak mendapat dukungan dari masyarakat. Pencalonan kader senior Golkar itu maju pada Pemilihan Bupati Rohil 2024 – 2029 untuk memimpin daerah seribu kubah lebih baik," demikian yang dipaparkan Ir Marganda Simamora SH M.Si orang dekat H. Bistaman belum lama ini.  

Ketua Umum Nasional Independen Pembawa Suara Transparansi [INPEST] itu mengakui, masyarakat di Rantau Bais, Rohil, merasa H. Bistamam adalah sosok yang pantas untuk memimpin Rohil lima tahun ke depan.

"Seorang pengusaha sukses [H. Bistamam] putra dari almarhum H. Hanafi Bin Suko dan Ibunya almarhumah Hj. Basyoriah binti H. M Nurdin lahir di Kepenghuluan Rantau Bais 14 Agustus tahun 1949 Rohil, dikenal sebagai bapak kepala transmigrasi," cerita Ganda Mora [nama sapaanya].

H. Bistamam menikah dengan Hj. Basyariah dan dikaruniai 7 orang anak itu seorang tokoh sentral di Rantau Bais. Kini terus melakukan komunikasi politik dengan untuk mendapatkan perahu partai untuk bisa melanggeng di kursi Rohil 1.

Ganda Mora juga tak menampik jelang Pilkada serentak di daerah itu masih terlihat suasana yang kurang kondusif.

"Seperti yang sering terjadi baliho bakal calon bupati yang terpasang di jalur protokoler banyak yang rusak dan diduga ada yang sengaja merobek."

 "Iya banyak baliho yang rusak karena sobekan, dan saya sudah melihat langsung, mungkin dugaan sementara ada tangan yang jahil," ungkapnya.

Ganda melihat peristiwa baru-baru ini, baliho dari bakal calon bupati Rohil, H. Bistamam yang rusak bukan satu atau dua saja tetapi hampir di berbagai tempat dan motif kerusakannya pun mayoritas sama.

"Rusaknya kan sepertinya di sayat pakai alat, dan motifnya hampir sama seperti itu baliho yang rusak tapi dari yang rusak secara bertahap nantinya akan diganti yang baru," tuturnya.

Dia juga menghimbau kepada relawan untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan adanya dugaan pengrusakan baliho.

"Tentunya kepada seluruh relawan, untuk menyikapi dengan santai saja terkait baliho yang rusak nanti dipasang lagi yang baru, intinya relawan jangan ada reaksi," ucapnya.

Diakui, baliho H. Bistamam memang sudah terpasang hampir di seluruh wilayah Kabupaten tujuannya sebagai upaya sosialisasi terhadap masyarakat.

"Iya, baliho sudah terpasang, namun dengan adanya baliho yang dilaporkan rusak, tentunya itu bagian dari dinamika perjalanan jelang Pilkada serentak 2024 ini," kata Ganda yang mengingatkan relawan tetap jaga persatuan sebagai tim pemenangan serta mengajak kepada seluruh relawan dan masyarakat Kabupaten Rohil untuk saling menjaga persatuan dan kesatuan.

"Damai itu kan indah, jadi mari kita saling hormat menghormati beda dukungan dan pilihan dalam kancah politik itu hal yang biasa. Hanya mari kita junjung persatuan, berbeda-beda tapi satu jua," ujarnya.

Lain lagi disebutkan Yusri Kandar, seorang tokoh muda di Rantau Bais, melihat sosok H. Bistamam dinilainya, telah menjadi identitas desa.

"Rantau Bais dan H. Bistamam tidak bisa dipisahkan, karena kehangatan serta kekompakan masyarakat di desa sebagian besar disebabkan oleh kontribusi besar yang telah diberikan pengusaha sukses itu selama puluhan tahun," sebut Yusri.

“Beliau [H. Bistamam] dihormati warga, karena komitmennya dalam membantu anak-anak yatim dan fakir miskin di Rantau Bais," sambung Yusri.

"Setiap tahun beliau memberikan santunan dan setiap bulan infak dan zakatnya disalurkan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Seperti anak-anak yatim dan janda di daerah tersebut,” kata Yusri, Sabtu (27/4).

Dengan kepeduliannya melayani masyarakat, H Bistamam dianggap sebagai sosok orangtua oleh penduduk Rantau Bais.

"Itu lah sebabnya beliau dianggap pantas sebagai pemimpin. Dengan kehangatan, kebaikan, dan kebijaksanaannya itu bisa membawa kemajuan bagi seluruh wilayah," sebut Yusri menceritakan yang mendukung tokoh sentral itu untuk menang di Pilkada 2024.

Sementara informasi terakhir langkah keseriusan Bistamam dalam menuju Pilkada Serentak 2024 ini, melalui tenaga ahlinya Ranto beserta rombongan resmi telah menyerahkan formulir bakal calon bupati kabupaten Rokan Hilir ke Kantor Partai Gerindra pukul 19.40 Wib, pada hari Selasa 30 April 2024 kemarin.

Sebelumnya, H. Bistamam juga telah mengikuti penjaringan yang dibuka oleh 2 partai yang berbeda yaitu Partai Demokrat dan Partai PKB.

Sementara itu, di Kantor Partai Gerindra Rokan Hilir, rombongan H. Bistamam disambut Wakil Ketua Partai Gerindra M. Nizar Akaz, Sekertaris Abdul Kosim dan sejumlah kader partai.

"Bapak H. Bistamam orang pertama yang menyerahkan formulir, dimana pendaftaran dibuka 29 April - 16 Mei 2024 kemarin," kata Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Rokan Hilir Abdul Kosim.

Ia mengaku, setiap formulir yang masuk diseleksi oleh timsel kemudian diajukan ke DPD dan DPP.

Menurutnya, calon bupati Rohil yang telah mendaftar ke Partai Gerindra hingga saat ini sebanyak 6 orang yaitu, H. Syafruddin yang akrab disapa Iput, H. Bistamam, H. Sulaiman, H. Suryanto, Muhammad Maliki, Erianda Annas. (*)

Tags : pilkada serentak 2024, pemilihan bupati rohil, tokoh rohil bistamam, bistamam maju di pilkada rohil, bismam didukung masyarakat rohil, bistamam maju pilkada untuk mengubah rohil lebih baik, News Daerah,