Linkungan   2023/10/23 7:45 WIB

BKSDA Riau Membenarkan Soal Kemunculan Harimau Sumatera, 'yang Sudah Terkam Sapi Warga'

BKSDA Riau Membenarkan Soal Kemunculan Harimau Sumatera, 'yang Sudah Terkam Sapi Warga'

SIAK, RIAUPAGI.COM - Seekor harimau Sumatera muncul di KM 14, Doral Pusako, Siak, Riau berberapa hari terakhir. Bahkan harimau tersebut sempat memangsa sapi warga yang dilepasliarkan.

Kepala Balai BKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan membenarkan soal kemunculan harimau. Tim langsung berangkat ke lokasi untuk memastikan.

"Tim Resort Siak tadi menuju ke lokasi PT Arara Abadi di mana terekamnya satwa harimau Sumatera di KM 14. Selanjutnya tim berkoordinasi dengan pihak sekuriti di sana," kata Genman pada media, Sabtu (21/10).

Tim menanyakan perihal video tersebut kepada sekuriti perusahaan. 

Sekuriti lalu membenarkan terlihat harimau di area konsesi HTI di KM 14 pada area tersebut.

"Diketahui bahwa keberadaan harimau tersebut di habitat alaminya. Sebab masih satu hamparan dengan kawasan Taman Nasional Zamrud," kata Genman.

Selanjutnya tim memasang satu unit kamera trap di lokasi. Harimau diduga muncul karena ada ternak sapi yang saat itu berkeliaran dalam konsesi HTI.

"Kemunculan harimau Sumatera di KM 14 tersebut diduga karena adanya ternak sapi warga yang digembalakan dan berkeliaran di dalam kosensi HTI. Menurut data di lokasi tersebut memang pernah ada sapi yang dimangsa oleh harimau," kata mantan Kepala BKSDA Sumatera Selatan tersebut.

Terkait kemunculan harimau Sumatera tersebut, Balai BKSDA Riau mengimbau pekerja atau masyarakat di sekitar untuk berhati-hati dalam beraktivitas. Terutama pada waktu harimau Sumatera aktif di waktu sore sampai pagi hari. (*)

Tags : harimau sumatera, harimau, hewan langka, siak, riau, penampakan harimau sumatera,