News   2022/08/30 9:54 WIB

BLT Rp600.000 untuk Pekerja Segera Dicairkan, Simak Syarat-Syaratnya

BLT Rp600.000 untuk Pekerja Segera Dicairkan, Simak Syarat-Syaratnya

JAKARTA - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp600.000 untuk pekerja segera dicairkan. Hanya saja tidak semua pekerja di Indonesia dapat bantuan sosial (Bansos) tersebut.

Ada syarat-syatat untuk mendapat BLT subsidi gaji untuk pekerja. Di antaranya gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Presiden Jokowi menginstruksikan untuk membantu 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan.

"Menakertrans akan segera menerbitkan juknisnya sehingga langsung bisa dilakukan pembayaran kepada para pekerja tersebut," ungkapnya, Selasa (30/8).

Adapun bantuan yang akan diberikan sebesar sebesar Rp600.000 dengan total anggaran Rp9,6 triliun kepada 16 juta pekerja di seluruh Indonesia.

Anggaran BLT alokasi anggaran bantalan sosial yang disapkan negara sebesar Rp24,17 triliun bila harga BBM naik.

"Diminta untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa pemerintah akan mulai memberikan bantalan sosial tambahan sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM sebesar Rp24,17 triliun," ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, pemberian bantalan sosial tersebut diberikan agar dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

"Dalam rangka untuk meningkatkan daya beli mereka terutama karena dalam beberapa waktu terakhir memang tendensi dari kenaikan harga yang berasal dari pengaruh global memang perlu direspon," katanya. (*)

Tags : Bantuan Langsung Tunai, BLT Pekerja Segera Cair, Syarat Mendapatkan BLT, News,