Pekanbaru   2023/12/16 14:15 WIB

BMKG Beri Peringatan Terkait Cuaca Ekstrem yang Bakal Melanda Pekanbaru

BMKG Beri Peringatan Terkait Cuaca Ekstrem yang Bakal Melanda Pekanbaru

PEKANBARU, RIAPAGI.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Riau memberikan peringatan terkait prediksi cuaca ekstrem di Provinsi Riau.

"Peringatan terkait cuaca ekstrem yang bakal melanda Pekanbaru, Riau."

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hulu, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu. Serta Kota Pekanbaru dan Dumai pada pagi, sore, dan malam atau dini hari," kata Yasir, petugas BMKG Riau, Sabtu (16/12).

Hujan lebat disertai angin kencang diprediksi melanda sejumlah wilayah.

Ia menyampaikan bahwa cuaca ekstrem ini berpotensi terjadi. Dengan suhu udara yang diprediksi mencapai 32 derajat Celsius.

Pihak berwenang juga mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau yang berkisar antara 0,5 meter.

Di samping itu, terdapat empat titik hotspot yang terdeteksi, dengan tiga titik di Kabupaten Kampar dan satu titik di Siak.

Dalam menghadapi kondisi cuaca ini, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama pada aktivitas luar ruangan. Penting memantau perkembangan cuaca dan kesiapan menghadapi potensi dampak dari hujan lebat dan angin kencang. 

Sebelumnya pihak BMKG Pekanbaru juga sudah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di Riau hari ini, Jumat 15 Desember 2023.

"Cuaca ekstrim itu terjadi di sebagian wilayah kabupaten Rohul, Rohil, kampar, bengkalis, siak, Kuansing, pelalawan, Inhu, kota pekanbaru dan dumai pada siang atau sore dan malam atau dini hari," kata Prakirawan BMKG, Yasir.

Yasir menuturkan, pada pagi hari, udara kabur-cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rohil.

"Siang hari cerah berawan-berawan, dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah kabupaten kampar, Rohul dan Kuansing," tuturnya.

Ia melanjutkan, sore-malam hari cerah berawan-berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.

Sedangkan Sabtu 16 Desember 2023 dini hari udara kabur-berawan.

Ada Potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rohil, Bengkalis, Rohul, Siak, Kampar, Pelalawan, Kuansing dan Kota Dumai. (*)

Tags : badan meteorologi klimatologi geofisika, bmkg pekanbaru, bmkg beri peringatan cuaca ekstrem,