Linkungan   2024/07/15 9:29 WIB

BMKG Catat Hotspot di Pulau Sumatera Melonjak 96 Titik, Riau Nihil

BMKG Catat Hotspot di Pulau Sumatera Melonjak 96 Titik, Riau Nihil

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika [BMKG] mencatat hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera terjadi lonjakan, Sabtu (13/7/2024) sore. Hanya saja Provinsi Riau terpantau masih nihil.

"BMKG mencatat hotspot di Pulau Sumatera melonjak 96 titik."

"Total titik panas atau hotspot wilayah Sumatera ada 96 titik. Paling banyak tersebar Bangka Belitung 34 titik dan Sumatera Selatan 30 titik," ujar Prakirawan BMKG Pekanbaru, Sanya Gautami, Sabtu (13/7/2024) sore.

"Sementara Lampung 13 titik, Bengkulu 11 titik, Sumatera Barat enam titik, dan Jambi dua titik. Sementara Riau terpantau nihil," sambungnya.

Sebagai informasi Pemprov Riau menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) nomor: Kpts.293/III/2024 itu diteken Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto, status siaga ini akan berlangsung hingga akhir November 2024.

BNPB juga menambah helikopter water bombing untuk membantu penanganan Karhutla Riau 2024. Total ada enam helikopter WB dan patroli yang disiagakan dalam penanganan Karhutla.

Hujan buatan atau juga dikenal Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) masih dilakukan. Pesawat berasal dari Skadron Udara 4 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh dan sudah berada di Pekanbaru. (*)

Tags : badan meteorologi klimatologi geofisika, bmkg, hotspot di pulau sumatera, hotspot melonjak, lingkungan, alam,