Riau   2023/07/31 17:44 WIB

BMKG  Nilai Cuaca Masih Panas Terik, Potensi Ombak Juga Tinggi dan Minim Peluang Hujan

BMKG  Nilai Cuaca Masih Panas Terik, Potensi Ombak Juga Tinggi dan Minim Peluang Hujan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Cuaca Kota Pekanbaru, Provinsi Riau diprediksi masih panas terik. Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika [BMKG] siang hari suhu udara bisa tembus 34 derajat celcius.

"Pagi hingga siang hari cerah berawan, dengan suhu udara 34 derajat," kata Bibin, petugas BMKG Stasiun Pekanbaru. 

"Sore hingga malam hari tidak ada potensi hujan di Pekanbaru. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Kuantan Singingi," sebut

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0,5 sampai 1,25 meter (rendah). Sedangkan hotspot Riau masih terpantau 21 titik, terbanyak di Pelalawan.

Sementara kondisi terakhir hingga Senin 31 Juli 2023 ini, jumlah hotspot di Pulau Sumatera terdeteksi 134 titik. Bahkan hotspot di Provinsi Riau meningkat dari 18 titik menjadi 21 titik.

"Total hotspot Sumatera ada 134 titik, terbanyak Bangka Belitung 48 titik dan Sumatera Selatan 34 titik. Lalu Jambi enam titik, Lampung 12 titik, Sumatera Barat sembilan titik, Sumatera Utara tiga titik, dan Kepulauan Riau satu titik," sebut Bibin Sulianto, petugas BMKG Stasiun Pekanbaru.

"Riau muncul 21 titik, terbanyak di Kabupaten Pelalawan 10 titik. Lalu Rokan Hulu tiga titik dan Indragiri Hilir lima titik. Kemudian Indragiri Hulu, Kampar, dan Kuantan Singingi masing-masing satu titik," sambungnya dalam keterangan resmi BMKG.

Seperti diketahui, Pemprov Riau bersama pemerintah daerah 12 kabupaten/kota mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sejak lama. Tetapi sempat terjadi Karhutla di wilayah Rohil, Pelalawan, Bengkalis, dan Dumai.

Pemprov Riau telah punya enam helikopter bantuan patroli dan water bombing. Berencana bakal menambah lagi kalau Karhutla kembali muncul. KemudiN Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengantisipasi bencana Karhutla di Provinsi Riau dengan menyemai garam masih dilakukan.

BMKG Pekanbaru juga memprediksi cuaca ekstrem di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Perlu diwaspadai potensi ombak tinggi hingga 2 meter.

Bibin menyebut warga yang berada atau tinggal di lokasi rawan bencana, patut mewaspadai perubahan cuaca ekstrem.

"Waspada potensi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 2,0 meter di wilayah perairan Bintan, perairan Lingga dan perairan Utara Bangka," sebut Bibin Sulianto, Senin (31/7).

Sementara untuk cuaca di Provinsi Riau juga ada potensi hujan sore hingga malam. Prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Provinsi Riau berkisar hingga 0,5 meter hingga 1,25 meter atau tenang. (*)

Tags : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, BMKG Nilai Cuaca Masih Panas Terik, Potensi Ombak Tinggi dan Minim Peluang Hujan,