News   2024/05/07 20:44 WIB

BNPB Kirim Bantuan Helikopter Water Bombing untuk Antisipasi Karhutla di Riau

BNPB Kirim Bantuan Helikopter Water Bombing untuk Antisipasi Karhutla di Riau

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan helikopter water bombing untuk membantu dalam antisipasi dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

Helikopter tersebut tiba di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru pada Minggu 5 Mei 2024.

Sebelumnya, Provinsi Riau telah menerima bantuan helikopter patroli dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memonitor Karhutla di seluruh kabupaten dan kota se-Riau.

M Edy Afrizal, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Provinsi Riau, menjelaskan bahwa helikopter yang diterima dari BNPB memiliki dua fungsi, yaitu untuk patroli dan water bombing.

Namun, kapasitas air yang dapat diangkut hanya sekitar 800 liter, lebih kecil dibandingkan dengan helikopter water bombing biasa yang bisa mencapai ribuan liter.

Meskipun demikian, helikopter tersebut dapat digunakan untuk water bombing jika diperlukan, meskipun fokus utamanya adalah pada patroli.

Edy juga menyebutkan bahwa dalam waktu dekat, bantuan helikopter water bombing kapasitas besar dari BNPB akan segera datang.

Lebih lanjut, Edy mengungkapkan bahwa saat ini kondisi Karhutla di Riau cenderung nihil, terutama karena sebagian besar wilayah Riau telah diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir.

"Karhutla di Riau hari ini nihil. Bahkan beberapa hari belakangan juga terpantau nihil Karhutla. Mudah-mudahan seterusnya begitu. Tapi kalau melihat perkiraan cuaca BMKG Mei ini sudah mulai masuk musim panas, namun kita terbantu masih ada turun hujan," jelasnya. (*)

Tags : Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB, Bantuan Helikopter Water Bombing, Antisipasi Karhutla di Riau,