News Kota   2022/11/18 8:13 WIB

BPBD Dirikan Pos Jaga untuk Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

BPBD Dirikan Pos Jaga untuk Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

PEKANBARU - Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mendirikan pos jaga di Kantor BPBD Pekanbaru, Jalan Mustafa Sari, Kota Pekanbaru, Riau.

"Untuk antisipasi bencana hidrometeorologi BPBD dirikan Pos Jaga."

"Kita dirikan satu pos jaga di depan kantor ini untuk antisipasi banjir, puting beliung dan tanah longsor," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Pekanbaru, Alan Kurnia, Kamis (17/11).

Pihaknya mendirikan satu pos jaga untuk antisipasi bencana seperti angin puting beliung, banjir dan tanah longsor, mengingat cuaca ekstrim yang diprediksi bakal terjadi hingga Januari 2023 mendatang.

BPBD Pekanbaru juga menyiapkan sejumlah peralatan lengkap, yang terdiri dari mesin pompa air, selang, perahu karet, mesin chainsaw untuk memotong kayu dan mobil pemadam kebakaran.

Personel pos yang bertugas merupakan satu kesatuan koordinasi antara Pemko Pekanbaru dan stakeholder terkait, termasuk instansi vertikal.

"Yang jelas kita siap siaga. Bagi warga, segera hubungi call center 112 atau nomor 0811-76-51464 jika ada bantuan yang diperlukan," katanya.

Pendirian pos jaga sebelumnya, Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Chandra sudah menetapkan status siaga darurat bencana banjir mulai 10 November-31 Januari 2023.

Jadi penetapan status ini berdasarkan surat edaran Mendagri tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi atau aktivitas cuaca dan iklim. (rp.sul/*)

Tags : Badan Penanggulan Bencana Daerah, BPBD Dirikan Pos Jaga, Bencana Hidrometeorologi,