Headline News Kota   2023/12/05 11:41 WIB

BPBD Himbau Cuaca Ekstrem Bisa Timbulkan Banjir, 'Pengawasan pada Titik Rawan Diperlukan'

BPBD Himbau Cuaca Ekstrem Bisa Timbulkan Banjir, 'Pengawasan pada Titik Rawan Diperlukan'
ilustrasi cuaca ekstrem

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Masyarakat harus mewaspadai kondisi cuaca ekstrem di Kota Pekanbaru. Walau saat ini Kota Pekanbaru masih dalam kondisi musim hujan.

"Cuaca ekstrem bisa timbulkan banjir."

"Terutama di sekitar aliran sungai, kami imbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman cuaca ekstrem san sudah memasuki musim penghujan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Candra.

Kondisi cuaca kota berubah secara drastis dari pagi hingga malam. Saat pagi kondisi cuaca hujan tapi ketika menjelang malam bisa menjadi cerah.

Zarman Candra mengingatkan masyarakat agar waspadai kondisi cuaca tersebut. Imbauan ini terutama bagi masyarakat di wilayah rawan banjir.

Pihaknya mengaku saat ini curah hujan memang masih fluktuatif. Namun potensi angin kencang masih terlihat di beberapa lokasi.

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan dengan dinas terkait. Ia menyebut Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru diharapkan bisa memangkas pohon yang sudah tua.

"Kita tentu tidak ingin ada pohon tua yang tumbang saat angin kencang melanda," ulasnya.

Tim juga terus melakukan pemantauan di lokasi yang rawan banjir. Mereka memantau kawasan itu pasca hujan melanda kota.

Mereka juga melakukan sosialisasi sebagai edukasi agar mengantisipasi ancaman banjir. Mereka juga melakukan kordinasi dengan BPBD Provinsi Riau. 

BPBD juga kini mulai meningkatkan pengawasan di titik-titik rawan banjir. Pengawasan dilakukan mengingat sejak bebepara pekan terakhir Kota Bertuah mulai diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat.

"Dari pengawasan yang kita lakukan, sejauh ini belum ada pemukiman warga yang direndam banjir," kata Zarman Candra.

Ia menghimbau warga khususnya di kawasan daerah aliran sungai untuk waspada dari genangan banjir ketika hujan dengan intensitas lebat.

"Kita dari BPBD juga siap siaga untuk melakukan penanganan di lapangan," ucapnya.

Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lanjut Zarman, saat ini Kota Pekanbaru sudah mulai memasuki musim hujan.

"Tapi hujan yang turun belum merata. Kadang di utara hujan, timur tidak. Tapi yang penting kita tetap waspada," ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Zarman, sejauh ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat juga sudah melakukan berbagai upaya untuk pencegahan banjir.

"Salah satunya dengan mengeruk saluran pembuangan air dan anak sungai," tutupnya. (rp.sul/*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan
 

Tags : badan penanggulangan bencana daerah, bpbd himbau cuaca ekstrem, cuaca ekstrem bisa timbulkan banjir, bpbd lakukan pengawasan pada titik rawan banjir, News Kota,