News Kota   2023/11/10 10:58 WIB

BPBD Ingatkan Hujan Disertai Angin Kencang di Pekanbaru Bisa Terjadi, 'Perlu Terus Tingkatkan Pengawasan'

BPBD Ingatkan Hujan Disertai Angin Kencang di Pekanbaru Bisa Terjadi, 'Perlu Terus Tingkatkan Pengawasan'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Kota Pekanbaru menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dan hati hati terkait kemungkinan terjadinya hujan serta angin kencang.

"Hujan disertai angin kencang bisa terjadi pada suhu iklim sekarang ini."

"Ini seperti di informasikan BMKG bahwa selama dua hari kedepan terjadi peningkatan pertumbuhan awan dan berpotensi hujan serta angin," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Chandra, Selasa (7/11).

"Hal ini karena terbentuknya silikon tropis di Selatan Samudra Hindia. Atas dasar itulah kepada masyarakat yang melakukan aktifitas diluar rumah untuk hati hati dan waspada, " jelasnya.

Sebelumnya, Mia, petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Riau memprediksi suhu udara mencapai 33 derajat celcius.

Provinsi Riau kembali berpotensi diguyur hujan, Jumat 9 November 2023 ini. Hanya saja patut diwaspadai potensi hujan deras yang disertai angin kencang.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Siak, Rokan Hulu, Kota Dumai, Kampar, Bengkalis, dan Pelalawan pada sore atau malam dan dini hari," sebut Mia.

Sementara prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 - 1.25 meter. Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai angin kencang, kilat atau petir di wilayah Perairan Riau dan Perairan Bintan pada pagi hingga siang hari.

Tetapi pihak BPBD kembali mengingatkan, untuk pengendara kendaraan baik roda empat ataupun roda dua juga diharapkan hati hati terhadap kemungkinan pohon tumbang.

Selain itu tambah Zarman Chandra, untuk masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor tetap waspada dan kalau memungkinkan mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

"Kewaspadaan memang diperlukan masyarakat disaat cuaca ekstrim seperti sekarang ini guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan."

"Tentunya kami juga berharap dan berdoa mudah - mudahan daerah Kota ini aman dari bencana," katanya. (rp.sul/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPBD Ingatkan Hujan Disertai Angin Kencang, BPBD Terus Tingkatkan Pengawasan, News Kota ,