Headline News Kota   2021/05/02 15:49 WIB

BPBD Riau Salurkan Setengah Ton Beras Bantu Korban Banjir

BPBD Riau Salurkan Setengah Ton Beras Bantu Korban Banjir

PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau kembali mendistribusikan bantuan kepada korban banjir Pekanbaru. Bantuan beras sebanyak 500 kilogram (Kg) tersebut untuk masyarakat di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai yang terdampak banjir. 

"Alhamdulillah kita sudah menyalurkan bantuan beras sebanyak 500 Kg untuk masyarakat terdampak banjir di Kelurahan Meranti Pandak, Rumbai, Pekanbaru," kata Kepala BPBD Riau, M Edy Afrizal dirilis mediacenterriau,  Jumat (30/4).  

Dia mengatakan, bantuan beras setengah ton tersebut diterima langsung oleh camat Rumbai dan didampingi Danramil setempat. Edy Afrizal menjelaskan, bantuan beras tersebut diantar langsung oleh petugas BPBD Riau ke Kelurahan Meranti Pandak, Rumbai. "Kita berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan beban saudara-saudara kita yang tengah dilanda musibah banjir," sebutnya.

Satgas tanggap darurat bantu air bersih 

Sementara Tim Satgas Tanggap Darurat Balai PPW Riau membantu air bersih dipermukiman warga di daerah Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Melihat kini tingginya curah hujan di Kota Pekanbaru belakang ini membuat naiknya debit air Sungai Siak menjadi meluap.

Tim Satgas Tanggap Darurat berkoordinasi langsung dengan aparat berwenang setempat antara lain Ketua RW dan Ketua RT serta Senkom Mitra Polri dalam menanggulangi musibah banjir yang menimpa warga. Tim Satgas Tanggap Darurat Balai PPW Riau mengerahkan 2 unit mobil tangki air untuk pelayanan air bersih bagi warga, 1 (satu) unit hydrant umum (HU) dan 1 (satu) unit mobil toilet.

Banjir sudah terjadi mulai Selasa (27/4/2021) lalu karena curah hujan yang tinggi di kota Pekanbaru dalam beberapa hari dan juga karena naiknya debit air Sungai Siak. Kegiatan ini dipantau langsung oleh PPK Tanggap Darurat Balai PPW Riau, Benny Saputra. "Tim tanggap darurat Balai PPW Riau siap membantu korban banjir berupa penyediaan air bersih dan mobil toilet yang pastinya sangat dibutuhkan korban banjir," kata Benny menambahkan selain memberikan bantuan air bersih dan layanan mobil toilet kepada warga korban banjir yang sangat terdampak yang lebih kurang 40 kk di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai. (*)

Tags : Badan Penanggulangan Bencana Daera, BPBD Riau Bantu Setengah Ton Beras, Korban Banjir,