News Daerah   2023/06/23 15:17 WIB

BPDPKS Transfer Ilmu Melalui Pelatihan, 'untuk Peningkatan SDM Pekebun Berkualitas'

BPDPKS Transfer Ilmu Melalui Pelatihan, 'untuk Peningkatan SDM Pekebun Berkualitas'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar pelatihan untuk 55 pekebun kelapa sawit di Riau untuk mendapat ilmu panen dan pascapanen perkebunan kelapa sawit.

"BPDPKS transfer ilmu tentang kebun sawit pada pekebun." 

"Pemerintah terus berupaya mengoptimalkan hasil perkebunan kelapa sawit di riau. Satu di antara upaya yang dilakukan adalah memberikan pelatihan panen dan pascapanen kepada pekebun kelapa sawit di riau," kata Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Riau, Zulfadli, Kamis (22/6).

Puluhan pekebun kelapa sawit yang mengikuti pelatihan program Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDMPKS) ini, terdiri dari 30 peserta dari Kabupaten Siak dan 25 peserta dari Kabupaten Kampar.

Pelatihan ini digelar 2 kelas secara paralel, dilaksanakan pada tanggal 12-16 Juni 2023 di Hotel Bono, Kota Pekanbaru, Riau.

Kegiatan pelatihan diselenggarakan BPDPKS bekerjasama dengan Dirjen Perkebunan dan IPB Training (PT Global Scholarship Services Indonesia).

Pekebun dari Kabupaten Siak, bernama Darwin mengaku bersyukur, karena telah diundang pada pelatihan ini. Ia berharap ke depannya ada pelatihan lanjutan untuk pekebun kelapa sawit di Siak.

Zulfadli menyambut baik dilaksanakannya pelatihan tersebut, untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjaga peran perkebunan kelapa sawit pekebun secara berkesinambungan.

Zulfadli menyatakan, luas komoditi kelapa sawit di Riau menurut data Dirjen Perkebunan kelapa sawit seluas 3,38 juta hektare. Jumlah ini merupakan luas kebun kelapa sawit nomor satu di Indonesia yang luasnya mencapai 16,8 juta hektare (20,08 persen).

Tidak bisa dipungkiri, perkebunan kelapa sawit merupakan penggerak utama atau pilar utama ekonomi Riau, karena sebarannya yang sangat luas dan melibatkan 823.026 KK petani (data tahun 2019).

Jika diasumsikan 1 KK terdiri dari empat orang, maka sekitar 3,37 juta orang menggantungkan hidupnya dari sektor perkebunan, atau sekitar 52,7 persen dari jumlah penduduk di Riau yang sebanyak 6,8 juta orang.

Zulfadli menyadari, banyak kendala dihadapi untuk dapat melaksanakan pembangunan dan pengembangan sektor perkebunan yang berkelanjutan.

"Konsep-konsep pembangunan untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti rendahnya tingkat pengetahuan dan keterampilan petani, secara bertahap terus diupayakan. Solusinya, antara lain dengan memberikan pelatihan teknis maupun non teknis kepada para petani," tukasnya. (*)

Tags : badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit, bpdpkas, transfer ilmu perkebunan sawit, pelatihan pekebun sawit, news daerah,