Pekanbaru   2022/03/27 12:31 WIB

BPOM akan Awasi Obat dan Makanan Jelang Ramadan 1443 Hijriyah

BPOM akan Awasi Obat dan Makanan Jelang Ramadan 1443 Hijriyah

PEKANBARU - Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru, akan mengawasi dan mengedukasi masyarakat terkait obat-obatan dan makanan.Menjelang Ramadan 1443 H/2022 M.

"Melalui festival Literasi Riau ini, terima kasih kami (BPOM) diberikan kesempatan untuk melakukan edukasi terkait obat dan makanan," kata Kepala BPOM Pekanbaru, Yosef Dwi Irwan saat menghadiri Festival Literasi Riau yang digelar oleh Dispersip Riau bersama tim Jendela Literasi dan Inspirasi Kita (Jelita) Riau, dalam acara Dialog Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Jelita Riau, di Halaman Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau, dirilis MCR, Sabtu (26/3/2022).

Ia menjelaskan, menjelang Ramadan permintaan masyarakat terhadap pangan mengalami peningkatan. Tentunya ini menjadi hal yang perlu diperhatikan terutama dari pihak BPOM.

"Karena di beberapa situasi (jelang Ramadan) ada oknum yang menjual produk yang tidak sesuai ketentuan sehingga perlu diawasi," jelasnya.

Pengecekan terhadap produk makanan akan dilihat dari izin edar produk, kemasan produk, waktu kedaluwarsa, dan kandungan produk makanan.

"Tentunya, kalau kita bicara soal pangan ini merupakan suatu hal yang penting berkenaan dengan aspek kesehatan, aspek ekonomi, ketahanan pangan nasional dan daya saing bangsa," ujarnya.

Yosef menerangkan, bahwa pihaknya BPOM Pekanbaru bersama pemangku kepentingan akan melakukan pengawasan dan turun ke lapangan untuk mengawas bahan pangan yang dijual menjelang Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri nantinya.

"Nanti kami akan turun ke pasar-pasar tradisional, dan tempat lainnya untuk memastikan dan mengawal apakah pangan (yang dijual) layak dan aman," tambahnya.

Kepala BPOM Pekanbaru ini menyebutkan bahwa tahun 2022 ini, BPOM Pekanbaru bersama BPOM Kabupaten dan Kota se-Riau akan melakukan pengawasan terhadap pangan yang beredar di Riau. Sehingga makanan yang akan dikonsumsi aman dan sehat, serta masyarakat dapat menjalankan ibadah Ramadan dengan nyaman.

"Kita akan mengawal makanan yang beredar, sehingga makanan betul-betul aman, dan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan nyaman tanpa rasa was-was," tuturnya. (*)

Tags : Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan, BPOM Pekanbaru, Awasi Obat dan Makanan, Ramadan 1443 Hijriyah,