Kuniler   2020/08/21 07:42:00 PM WIB

Buah Kiwi yang Cerah Menyegarkan

Buah Kiwi yang Cerah Menyegarkan

KULINER - Dikenal karena warnanya yang cerah dan rasanya yang menyegarkan, kiwi menjadi salah satu buah yang cukup banyak disukai. Masuk dalam kategori buah tropis, meski berukuran kecil kiwi ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Ahli diet bersertifikat di Kota New York, Sammi Haber Brondo, meskipun semua jenis kiwi padat nutrisi, jenis Kiwi Zespri SunGold paling mengesankan. Brondo mengatakan, kiwi ini dikenal memiliki kandungan vitamin C tertinggi dari buah lain yang biasa dimakan (290 persen DV per porsi).

Tidak seperti kiwi hijau, menggigit kiwi jenis ini sama seperti halnya apel. Bahkan pada kulitnyamengandung serat 2 sampai 4 gram per porsi. Selain jenis Zespri, Kiwi Berries juga mulai populer baru-baru ini. Buah kiwi seukuran anggur ini memiliki bagian luar yang halus. Buah mungil ini juga kaya vitamin C dan beberapa nutrisi lainnya. Brondo menjelaskan, meski ada beragam jenis, hampir semua kiwi memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Berikut uraian dari Brondo, dilansir melalui goodhousekeeping, Jumat (21/8).

Sehat untuk kulit dan rambut

Kiwi kaya akan vitamin C serta antioksidan. Senyawa ini diketahui penting karena secara alami dapat merangsang sintesis kolagen. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah kiwi dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan tampak awet muda, serta memberikan untaian rambut yang kuat.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kebanyakan orang menganggap jeruk memiliki kandungan vitamin C tertinggi, tetapi satu porsi buah kiwi (2 kiwi kecil) memiliki lebih banyak vitamin C daripada jeruk ukuran sedang. Tubuh tidak dapat membuat vitamin C. Jadi sangat penting untuk mengkonsumsi nutrisi ini melalui makanan agar tubuh terlindungi dari patogen berbahaya.

Tingkatkan pencernaan

Kiwi adalah sumber serat yang baik untuk mencegah sembelit dan menjaga tubuh tetap teratur. Buah kiwi hijau secara khusus mengandung enzim pencernaan alami yang dikenal sebagai aktinidin. Enzim ini dapat memecah protein serta meningkatkan fungsi lambung dan usus.

Bantu turunkan berat badan secara alami

Camilan rendah kalori ini padat nutrisi dan mengandung serat yang mengenyangkan. Kiwi juga mengandung lebih dari 90 persen air yang dapat membantu melembabkan tubuh.

Perlambat penuaan dan membantu mencegah penyakit kronis

Sebagai antioksidan, vitamin C yang melimpah dalam buah kiwi dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Tidak hanya memperlambat penuaan secara sehat, tetapi juga dapat mencegah atau bahkan menunda perkembangan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Bermanfaat bagi ibu dan bayi

Selama perkembangan awal, folat penting untuk membantu mendukung pertumbuhan otak dan tulang belakang bayi yang sehat. Kiwi, terutama varietas SunGold, merupakan sumber folat yang baik dan merupakan pilihan camilan yang lezat dan bergizi. (*)

Tags : manfaat buah kiwi, kandungan buah kiwi, kiwi, kiwi sungold,