Rokan Hilir   2024/06/22 14:34 WIB

Bupati Afrizal Sintong Datangi Panipahan untuk Resmikan Vihara Setya Kirti

Bupati Afrizal Sintong Datangi Panipahan untuk Resmikan Vihara Setya Kirti
Bupati Rohil, Afrizal Sintong meresmikan Vihara Setya Kirti di Panipahan

ROKAN HILIR, RIAUPAGI.COM - Kedatangan Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong, ke Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), disambut meriah warga pada Senin 17 Juni 2024.

"Bupati Rohil Afrizal Sintong resmikan Vihara Setya Kirti."

"Kami dari pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada semua donatur, baik dari Panipahan, Medan, maupun luar kota atas kerja sama dalam membangun Vihara ini," kata Bupati Rohil, Afrizal Sintong SIP M.Si.

Setibanya di pelabuhan, rombongan Bupati bersama Dandim 0321, Letkol Kav Nugraha Yudha Perwiranegara, disambut dengan alunan rebana dan pertunjukan barongsai.

Dari pelabuhan, Bupati Rohil berjalan kaki menuju Vihara Setya Kirti dengan iringan barongsai.

Sepanjang jalan, warga berjejer menyambut kedatangan Bupati, yang dengan ramah melambaikan tangan kepada mereka.

Beberapa warga memberikan kode jari simbol "L" yang berarti "lanjutkan".

Bupati membalas dengan senyum sumringah serta mengangkat jempol kanannya.

Sebelum meresmikan vihara, bupati dan rombongannya menyerahkan tiga ekor sapi kurban dari Pemkab Rohil ke Masjid Raya An-Nur, Masjid Taqwa, dan Masjid Pulau Jemur.

Hal ini menunjukkan perhatian Bupati terhadap kesejahteraan semua lapisan masyarakat.

Sesampainya di vihara, berbagai pertunjukan seperti marching band, barongsai, dan pesta kembang api meriahkan acara tersebut.

Peresmian Vihara Setya Kirti ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Afrizal Sintong, disertai penandatanganan prasasti.

Bupati Afrizal Sintong didampingi Ketua Panitia Kelenteng, So Cin An, dan tokoh masyarakat Panipahan, Jhon Sunaryo.

Dalam sambutannya, Bupati Afrizal Sintong mengapresiasi masyarakat dan para donatur yang telah berkontribusi dalam pembangunan Vihara Setya Kirti.

"Ornamen-ornamen di Vihara ini diimpor dari Tiongkok, tentu biayanya tidak sedikit."

Bupati menekankan bahwa Vihara ini adalah contoh nyata kontribusi para donatur yang merupakan warga asli Rokan Hilir yang sukses di perantauan. Namun tetap ingat kampung halamannya.

"Belum lama ini, seorang warga kita dari Sinaboi yang sukses di Jakarta turut membangun sekolah SD sebesar Rp 2 miliar. Tentunya kami sangat mengapresiasi inisiatif ini," tambahnya.

So Cin An, selaku panitia dan perwakilan dewan pengurus Vihara Setya Kirti, juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan Bupati Afrizal Sintong yang telah meresmikan Vihara tersebut.

"Terima kasih juga kepada Bupati Rokan Hilir atas waktunya yang telah hadir bersama masyarakat di sini untuk meresmikan Vihara Setya Kirti ini," sebut So Cin An.

Usai peresmian, Bupati Rohil meninjau pembangunan Vihara Setya Kirti dan berfoto bersama dengan pengurus Vihara.

Dalam kesempatan tersebut, tokoh masyarakat, Jhon Sunaryo, menyuarakan dukungannya agar Afrizal Sintong memimpin Kabupaten Rokan Hilir selama dua periode.

"Afrizal Sintong dua periode, lanjutkan," teriak Jhon Sunaryo alias Obak kepada ratusan masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Acara peresmian Vihara Setya Kirti ini bukan hanya menunjukkan kebersamaan dan keharmonisan masyarakat Panipahan, tetapi juga memperkuat komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pembangunan sarana ibadah yang beragam. (*)

Tags : Bupati Rohil Afrizal Sintong, Bupati Datangi Panipahan, Bupati Resmikan Vihara Setya Kirti,