Bengkalis   2022/11/08 7:45 WIB

Pantai Desa Teluk Papal Ditanami Mangrove, 'untuk Cegah Erosi dan Kerusakan Lingkungan'

Pantai Desa Teluk Papal Ditanami Mangrove, 'untuk Cegah Erosi dan Kerusakan Lingkungan'

BANTAN - Bupati Bengkalis Kasmarni menanam mangrove di Desa Teluk Papal. Kehadiran Bupati diwakili Asisten Sekda Bengkalis, Andris Warsono untuk tanam mangrove bersama masyarakat.

"Bupati Bengkalis tanam mangrove untuk yang digagas pegadaian dan kagama."

"Mudah-mudahan momentum ini dapat menimbulkan kecintaan masyarakat, menjaga lingkungan. Serta mencegah erosi pantai, sebagai akibat pukulan ombak. Juga berperan dalam penambahan lahan pantai yang ada di Bengkalis, khususnya Desa Papal ini," kata Andris Warsono.

Penanaman mangrove dilakukan sepanjang tepian pantai Desa Teluk Papal pada situasi cuaca mendung berlangsung pada Sabtu 5 November 2022.

Namun itu tidak menyurutkan antusias masyarakat dan kelompok tani untuk menanam mangrove di Desa Papal.

Andris Warsono berharap, kegiatan seperti ini bisa menjadi langkah strategis semua pihak dalam memberikan perhatian pada lingkungan. Serta bisa mengoptimalkan hasil mangrove ini menjadi produk bernilai ekonomi tinggi.

"Kelompok-kelompok tani hutan dan masyarakat untuk dapat melaksanakan kegiatan padat karya, percepatan rehabilitas mangrove Desa Teluk Papal khususnya," pesan Andris.

"Manfaatkan peluang emas ini. Dengan menanam, merawat dan menjaga mangrove yang ada di sepanjang pesisir pantai laut kita," sambungnya.

Selain itu juga perlu upaya agar mangrove ini bisa bernilai ekonomis. Baik dari kayu dan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Sebab, mangrove bisa dimanfaatkan untuk kayu kabar, bangunan, arang, hingga untuk obat-obatan.

Upaya rehabilitas guna mengembalikan fungsi hutan mangrove. Selain berfungsi sebagai stabilisator garis pantai, mangrove juga berfungsi ekologis yaitu sebagai habitat atau tempat hidup, berlindung, mencari makan, atau berkembang biak binatang laut.

Serta fungsi ekologis, yaitu filter dari pengaruh laut, maupun dari darat. Adanya hutan mangrove dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke darat.

"Melalui kegiatan penanaman mangrove bersama, kehidupan masyarakat kita dan perekonomian di desa ini bisa terus berjalan dengan baik, mulus dan terarah. Dan yang tak kalah penting, kegiatan penanaman mangrove ini, kita juga bisa menjaga alam, lingkungan, ekosistem, dan mencegah erosi serta abrasi pantai yang menjadi isu utama kita," harap Andris.

Hadir pada Acara tersebut Kepala LHK Provinsi Riau Febrian Suwanda, Ketua Kagama Pekanbaru Soehandi, Pimpinan Wilayah Pegadaian diwakili Deputi Bisnis Pegadaian Naomi, Kepada Desa Teluk Papal Lakuning Ratno. (rp.elf/*)

Tags : Cegah Erosi Pantai, Bengkalis, Pegadaian dan Kagama Gagas Tanam Mangrove,