Headline News Daerah   2020/10/27 20:5 WIB

Bupati Irwan Serahkan Bayi ke Orang Tua Asuh

Bupati Irwan Serahkan Bayi ke Orang Tua Asuh

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, H Irwan menyerahkan langsung ke orang tua asuhnya bayi malang terbungkus plastik yang ditemukan di Pasar Tanjung Samak Kecamatan Rangsang beberapa waktu lalu.

Serah terima bayi itu dilakukan langsung Bupati Kepulauan Meranti, H Irwan, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kepulauan Meranti, Agusyanto Bakar, Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti AKP AKP Prihadi Tri Saputra SH MH dan Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,Dr Nelfi Gusharyani dan Pekerja Sosial Erma Indah Fitriana

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kepulauan Meranti, Agusyanto Bakar mengatakan sebelum diserahkan kepada orang tua asuhnya dilakukan terlebih dahulu proses assessment selama satu minggu. "Proses assesmen yang berlangsung lebih kurang satu minggu tersebut diikuti oleh 13 pasangan suami istri sebagai Calon Orang Tua Angkat (Cota). Dari hasil seleksi melalui proses assesmen yang dilakukan oleh Pekerja Sosial ada sekitar 6 Pasutri sebagai Cota yang dinyatakan lulus assesmen. Sisanya dinyatakan gugur karena beberapa faktor, seperti pernikahan belum mencapai 5 tahun, kemampuan ekonomi yang dimiliki, telah memiliki anak bahkan lebih dari satu serta faktor usia pasangan suami atau isteri yang lebih dari 55 tahun," kata Agusyanto pada media, Selasa (27/10).

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan mengucapkan selamat kepada orangtua asuhnya. Menurut Irwan bayi tersebut merupakan rezeki yang dititipkan oleh Tuhan untuk pasutri tersebut. "Selamat saya ucapkan kepada orang tua asuh bayi ini. Anak yang di bawah pengaturan negara melalui Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Meranti ini merupakan rezeki dari Allah untuk ibu Ria dan suami yang tentu sudah berdasarkan pertimbangan yang panjang tapi tentu pada akhirnya adalah ini semua takdir Allah yang maha kuasa," kata Irwan.

Bupati juga meminta kepada orang tua asuh untuk merawat bayi itu dengan baik dan penuh tanggung jawab. "Oleh karena itu saya atas nama negara menitipkan bayi ini kepada ibu dan keluarga untuk dijaga dan dirawat dengan baik dan diasuh sebagaimana mestinya dan sebagai tanggung jawab kami sebagai penyelenggara negara melalui Dinas Sosial akan terus melakukan pemantauan terhadap bayi ini. Jika terjadi sesuatu hal bisa saja mungkin nanti negara akan menarik kembali akan tetapi kami yakin dan percaya Pasutri ini bisa dan mampu mengasuh anaknya dengan baik sehingga anak ini akan tumbuh kembang sebagaimana harapan Kita semua," sebut bupati Irwan. (rp.elf/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Bupati Kepulauan Meranti, Irwan, Bayi Diserahkan ke Orang Tua Asuh,