Bengkalis   2022/02/01 20:9 WIB

Bupati Kasmarni Minta Pendamping Desa Tidak Ikut Berpolitik, Sebaiknya 'Profesional Membantu Kades'

 Bupati Kasmarni Minta Pendamping Desa Tidak Ikut Berpolitik, Sebaiknya 'Profesional Membantu Kades'
Bupati Bengkalis Kasmarni memberikan pengarahan usai menyerahkan SK secara simbolis kepada para pendamping desa se-Kabupaten Bengkalis, di Balai Kerapatan Wisma Sri Mahkota Bengkalis, Senin (31/1).

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Kasmarni minta pendamping desa tidak ikut berpolitik, bertugas secara profesional untuk membantu Kepala Desa (Kades) menjalankan pemerintahan desa.

"Para pendamping desa agar tidak berpolitik dan bisa membantu kepala desa dalam menjalankan pemerintahan desa."

“Kalau mau berpolitik bukan ini (sebagai pendamping) tempatnya. Tempat politik ada sendiri. Jangan sampai seorang pendamping malah sibuk juga berpolitik,” diingatkan  Kasmarni, saat memberikan pengarahan usai menyerahkan SK secara simbolis kepada para pendamping desa se-Kabupaten Bengkalis, di Balai Kerapatan Wisma Sri Mahkota Bengkalis, Senin (31/1).

Ada 348 pendamping desa yang menerima SK baik itu bidang ekonomi maupun bidang  pembangunan.

Tetapi sebagian dari mereka merupakan wajah-wajah baru yang lolos seleksi saat rekrutmen beberapa waktu lalu, kata Kasmarni.

"Banyak juga wajah-wajah lama yang kembali bertugas setelah mendapatkan perpanjangan SK. Tetapi untuk para Pendamping Desa agar mengikuti arahan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam menjalankan tugas sebagai pendamping," pintanya lagi.

"Bukan malah membuat jalan sendiri."

“Para pendamping semua dibiayai oleh APBD Kabupaten Bengkalis. Jadi harus menyukseskan program untuk mewujudkan Visi Kabupaten Bengkalis, bukan malah melawan aturan dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis,” katanya.

Kasmarni juga menekankan para pendamping untuk menjadi pendamping yang profesional, sesuai bidangnya. Mendampingi para Kepala Desa dalam menjalankan pemerintahan desa.

“Jangan malah pendamping diajari oleh kepala desa. Saudara-saudari semua merupakan para sarjana yang ditugaskan untuk memberikan pendampingan kepada kepala desa dalam bidang ekonomi maupun pembangunan,” sebut Kasmarni.

Menurutnya, tujuan semua ini tak lain untuk mewujudkan Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera. Bukan membuat visi baru yang tidak mengacu pada percepatan terwujudnya visi Kabupaten Bengkalis ini.

“Jalankan tugas dan amanah ini secara baik, profesional, disiplin dan berintegritas serta memiliki kapabilitas yang tinggi, mencakup komitmen serta pengalaman, agar saudara-saudari dapat membantu kami pemerintah daerah dalam mempercepat kemajuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa,” ujar Kasmarni. (rp.bud/*)

Tags : Bupati Bengkalis Kasmarni, Pendamping Desa Tidak Ikut Berpolitik, Pendaping Desa Diminta Profesional Membantu Kades,