News Daerah   2021/03/14 15:46 WIB

Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil Jamin Kebutuhan Keluarga Terkonfirmasi Covid-19

Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil Jamin Kebutuhan Keluarga Terkonfirmasi Covid-19
Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil menjamin kebutuhan disebabkan Ia sangat menyadari beban yang dihadapi Kepala Keluarga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Pasien yang diisolasi yang otomatis tak bisa bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga. untuk itu kita memberikan bantuan Sembako kepada keluarga pasien Covid-19 dan melakukan penyemprotan Disinfektan disekitar lingkungan tempat tinggal pasien," katanya Jumat (12/3) kemarin.

Bupati bersama rombongan OPD terkait dibantu AOK Tim, langsung mendatangi satu-persatu rumah keluarga positif Covid-19. Bahkan ia turun tangan langsung melakukan penyemprotan Disinfektan. Bantuan Sembako ini dikatakan Bupati untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga pasien Covid-19 selama 14 hari kedepan atau sampai pasien bersangkutan dinyatakan sembuh.  "Kita akan bantu biaya makan keluarga Pasien Positif Covid-19, jangan sampai ia khawatir keluarganya tak makan, yang perlu dipikirkan pasien cukup kesembuhannya saja," ujar Bupati Adil.

Dalam melakukan kegiatan tersebut, Adil berkeliling setiap kelurahan dan desa diantaranya Kelurahan Selatpanjang kota, Selatpanjang Timur, Desa Alah Air dan Alah Air Timur. Saat memberi bantuan, Bupati Adil mengucapkan permohonan maaf kepada pihak keluarga, seandainya respon yang diberikan pemerintah daerah sedikit lambat. Sebelumnya Bupati berkesempatan memimpin Rakor pemantapan pemberian bantuan BLT kepada masyarakat terkonfirmasi positif Covid-19, yang dilangsungkan diruang Rapat Melati, Kantor Bupati Jumat siang.

Dalam Rakor tersebut, Bupati Adil, mengintruksikan kepada Dinas Sosial dan Kesra Sekretariat Daerah untuk membantu biaya makan sesuai dengan kebutuhan anggota keluarga pasien positif Covid-19, selama kurang lebih 14 hari atau sampai pasien dinyatakan sembuh. Bupati menjelaskan, selama pasien positif Covid-19 belum sembuh harus tetap menjalani isolasi ditempat yang telah ditetapkan oleh Pemkab. Meranti yakni Ruang Isolasi RSUD Kepulauan Meranti dan BLK Dinas Sosial.

Selama pasien menjalani Isolasi, mantan Legislator DPRD Riau tersebut, juga memerintahkan kepada OPD terkait untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Pasien Covid-19, mulai dari ruang Isolasi yang layak hingga pemberian makanan yang bergizi tinggi sehingga dapat membantu pasien sembuh lebih cepat. "Saya minta kepada Direktur RSUD untuk memberikan makanan yang bergizi tinggi, jangan sampai pasien Covid-19 merasa tak nyaman dan minta dipulangkan," ujarnya.

Setelah semua kebutuhan pasien Covid-19 terpenuhi dengan baik, pemerintah daerah melalui Satpol PP akan melakukan pengawasan ketat untuk memastikan pasien tidak meninggalkan ruang isolasi sebelum dinyatakan sembuh oleh petugas medis. "Hal ini sangat penting agar pasien positf Covid-19 ini tidak menularkan lagi kepada keluarga dan masyarakat sekitarnya," pungkasnya. (rp.elf/*)

Tags : Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil, Bantu Kebutuhan Keluarga Terkonfirmasi Covid-19,