Riau   2022/09/16 14:54 WIB

Capaian Vaksinasi untuk Nakes Masih Rendah, 'Khususnya Booster II'

Capaian Vaksinasi untuk Nakes Masih Rendah, 'Khususnya Booster II'

PEKANBARU - Capaian Vaksinasi Booster II untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Pekanbaru masih rendah

"Tenaga kesehatan (nakes) yang menjalani vaksinasi covid-19 dosis keempat atau booster kedua masih rendah."

"Walau saat ini Moderna belum ada dan sebenarnya memang dari Kementerian sudah membolehkan untuk yang booster pertama atau vaksin ketiga itu pakai Moderna, tetap boleh menggunakan jenis vaksin yang lain seperti Pfizer untuk booster keduanya," kata Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Jumat (16/9).

Belasan ribu nakes di Kota Pekanbaru ini belum sepenuhnya melakukan vaksinasi booster kedua.

Berdasarkan data dari Diskes Kota Pekanbaru, total nakes yang ada di Pekanbaru ini mencapai 11.053 orang. Dari jumlah itu, baru 16 persen yang melakukan vaksinasi booster kedua.

Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, nakes yang sudah suntik vaksin booster dua masih sekitar 1.800 orang atau baru 16,55 persen dari total jumlah nakes.

Menurutnya, rendahnya capaian vaksinasi booster kedua ini dikarenakan ketersediaan vaksin. Nakes yang akan menjalani vaksinasi booster kedua harus menunggu jenis vaksin tertentu.

Ia menyebut, mayoritas dari nakes menjalani vaksin dosis tiga dengan vaksin jenis Moderna. Maka sebagian dari mereka masih menunggu vaksin Moderna karena jenis vaksin yang terbatas.

Zaini mengaku, saat ini pihaknya memang sudah mengajukan penambahan untuk vaksin jenis Moderna. Namun stok di pusat habis, sehingga pihaknya masih menunggu.

"Meski demikian, karena stok Pfizer kita banyak, maka ini yang akan kita maksimalkan dulu," sebutnya.

Dirinya menambahkan, target vaksinasi booster kedua untuk nakes, diupayakan hingga akhir tahun minimal sudah 80 persen nakes vaksin booster kedua.

Nakes menjadi prioritas penerima booster dua dikarenakan mereka garda terdepan dalam penanganan Covid-19 dan bersentuhan langsung dengan yang terpapar.

"Targetnya itu untuk nakes, kita upayakan bisa minimal 80 persen hingga akhir tahun sudah tervaksinasi," ujarnya. (*)

Tags : Vaksinasi Booster II, Capaian Vaksinasi Booster, Vaksinasi untuk Nakes Masih Rendah,