News Kota   2024/09/13 19:8 WIB

Ciptakan Pilkada Damai, Sekdako Pekanbaru: Dana Pilkada Sudah Kita Tunaikan 

Ciptakan Pilkada Damai, Sekdako Pekanbaru: Dana Pilkada Sudah Kita Tunaikan 
Foto Bersama usai kegiatan silaturahmi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru di Aula Zapin Polresta Pekanbaru.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru (Sekdako) Indra Pomi Nasution menghadiri acara silaturahmi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru di Aula Zapin Polresta Pekanbaru.

"Sekdako Pekanbaru ciptakan Pilkada Damai."

"Ini merupakan kesempatan istimewa bagi seluruh bakal calon wali kota dan wakil wali kota Pekanbaru untuk mempersiapkan diri mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan demokrasi yang berkualitas. Sehingga, hasil positif selama lima tahun ke depan dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali," kata Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution ST MT, Selasa (10/9) kemarin usai melakukan Silaturahmi dalam rangka menyambut Pilkada.

Sekdako Indra Pomi mengatakan, Pilkada merupakan momen demokrasi yang krusial bagi kelangsungan pembangunan daerah.

"Pelaksanaan pemilihan harus dijamin berlangsung dengan aman, lancar, dan tertib."

Pemungutan suara telah ditetapkan pada 27 November 2024. Untuk itu, penyelenggara Pilkada diharapkan dapat melaksanakan tugas dan wewenangnya secara efektif dan efisien berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil sebagaimana diatur dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Kegiatan ini menekankan pentingnya koordinasi dan persiapan matang. Hal ini guna memastikan seluruh proses pemilihan wali kota dan wakil wali berjalan lancar dan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Koordinasi yang baik adalah kunci utama. Suksesnya Pilkada bukan hanya bergantung pada integritas penyelenggara dan peserta pemilihan. Tetapi juga harus didukung oleh seluruh pemangku kepentingan demi terciptanya sinergitas yang kuat dan berkesinambungan," jelas Indra Pomi.

"Melalui silaturahmi ini, calon wali kota dan wakil wali kota yang terpilih nantinya dapat membawa Pekanbaru menjadi lebih baik," harap Indra Pomi.

Sekdako Pekanbaru juga mengaku dana Pilkada sudah dituurnkan. 

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, telah melunasi seluruh anggaran untuk keperluan pelaksanaan kepala daerah (pilkada) serentak 2024.

"Jadi khusus untuk dana pilkada, kita sudah transfer semua, sudah kita tunaikan. Sekarang tinggal pelaksanaannya saja lagi," ucapnya.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, anggaran pilkada itu sebelumnya telah dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan KPU, Bawaslu, TNI dan Polri.

Untuk itu kepada panitia pelaksana dan pengawas pemilu, Indra Pomi meminta agar melaksanakan tugas sesuai aturan berlaku.

"Silahkan ikuti tahapan pilkada yang sudah ditetapkan," ujarnya.

Pemko Pekanbaru, lanjut dia, berharap pelaksanaan pilkada untuk memilih Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru pada November mendatang bisa berjalan secara aman, jujur dan adil.

"Karena kita sudah mengalokasikan banyak anggaran, mudah-nudahan dapat pemimpin yang baik untuk membawa Pekanbaru lebih baik ke depan," tutupnya.

Seperti diketahui, anggaran untuk pelaksanaan Pilwako Pekanbaru mencapai Rp76 miliar sesuai kebutuhan KPU, Bawaslu, TNI dan Polri.

Dari kebutuhan Rp78 miliar tersebut, sebanyak 40 persen di antaranya telah dibayarkan di 2023 lalu. Sementara 60 persen lagi dianggaran di APBD murni 2024. (*)

Tags : Pilkada Damai, Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Dana Pilkada Sudah Ditunaikan, News Kota ,