Headline Kesehatan   2022/10/24 20:23 WIB

Muncul Subvarian Baru Covid-19 XBB, Kadiskes: Untuk di Riau Belum Ditemukan

Muncul Subvarian Baru Covid-19 XBB, Kadiskes: Untuk di Riau Belum Ditemukan

PEKANBARU - Covid-19 belum benar-benar hilang, bahkan saat ini di Indonesia terdeteksi subvarian baru Covid Omicron XBB.

"Covid-19 belum benar-benar hilang."

"Untuk teknisnya kita belum mendapatkan petunjuk dari Kemenkes terkait varian Covid XBB ini. Untuk Riau sampai saat ini belum ada ditemui adanya varian tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Zainal Arifin pada wartawan, Senin (24/10).

Subvarian Covid-19 XBB ini sudah menyebabkan lonjakan kasus di Singapura, tetapi Zainal Arifin menyampaikan masih belum mendapat petunjuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Zainal mengimbau seluruh masyarakat Riau menjaga protokol kesehatan (Prokes). Serta meminta masyarakat yang belum vaksin agar segera vaksin Covid-19, baik yang untuk dosis 1, 2 maupun booster.

"Intinya Prokes jangan sampai diabaikan. Untuk masyarakat yang belum melaksanakan vaksin satu hingga booster bisa segera mendatangi mal vaksinasi. Terlebih dengan vaksinasi kita dapat menimalisir resiko saat terpapar covid," ujarnya.

Saat ditanya untuk jumlah stok vaksin Covid-19 di Riau saat ini, Zainal menjawab ketersediaannya masih memadai.

"Untuk vaksin kita aman, bahkan sampai tadi malam masih ada masyarakat yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 di mal vaksinasi," sebutnya. (*) 

Tags : Covid Omicron XBB, Covid-19 XBB, Subvarian Baru Covid-19, Kesehatan,