Headline Linkungan   2021/03/23 16:57 WIB

Covid-19 Menghambat Emisi Karbon, Tapi Sudah Kembali 'Berangsur Normal'

Covid-19 Menghambat Emisi Karbon, Tapi Sudah Kembali 'Berangsur Normal'
f.Meskipun emisi mungkin turun karena maskapai menghentikan penerbangan, kurangnya lalu lintas udara sebenarnya menyebabkan sedikit pemanasan pada suhu.

LINGKUNGAN - Setahun lalu ketika dunia tiba-tiba lockdown, dampaknya langsung terasa pada emisi karbon. Namun, kini emisi sudah mulai kembali lagi ke tingkat normal.

Planet ini sudah menghangat sekitar 1,2C sejak masa pra-industri ketika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi mengumumkan pandemi pada 11 Maret 2020 dirilis BBC. Aktivitas manusia menurun secara tiba-tiba, suatu kejadian yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sebagian besar dunia melakukan pembatasan sosial, pabrik-pabrik berhenti beroperasi, mobil mematikan mesinnya dan pesawat dilarang terbang.

Ada banyak perubahan monumental sejak saat itu, tetapi bagi para ilmuwan iklim, periode ini juga membuka wawasan yang sama sekali baru dan terkadang tidak terduga.

Pandemi ini membuat kami berpikir tentang cara mengatasi beberapa kesulitan dalam memantau emisi gas rumah kaca, dan khususnya karbon dioksida, secara real time. Ketika banyak lockdown dimulai pada Maret 2020, Anggaran Karbon Global komprehensif yang menetapkan tren emisi tahun ini baru akan ada pada akhir tahun. Jadi, para ilmuwan iklim mulai mencari data lain yang mungkin menunjukkan bagaimana CO2 berubah.

Kami menggunakan informasi dari lockdown sebagai cermin untuk emisi global. Dengan kata lain, jika kita tahu berapa besar emisi dari berbagai sektor ekonomi atau negara sebelum pandemi, dan kita tahu berapa banyak penurunan aktivitas, kita dapat berasumsi bahwa emisi turun dengan jumlah yang sama. Pada Mei 2020, sebuah studi menggabungkan kebijakan pembatasan sosial pemerintah dan data aktivitas dari seluruh dunia untuk memprediksi penurunan emisi CO2 sebanyak 7% pada akhir tahun. Angka ini kemudian dikonfirmasi oleh Proyek Karbon Global. (*)

Tags : Lingkungan, Covid-19, Menghambat Emisi Karbon, Berangsur Normal,