Riau   2023/06/17 11:46 WIB

Cuaca di Riau Cerah Sepanjang Hari, 'Buat Titik Hotspot Masih Muncul di Pulau Sumatera'

Cuaca di Riau Cerah Sepanjang Hari, 'Buat Titik Hotspot Masih Muncul di Pulau Sumatera'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di seluruh wilayah Riau sepanjang hari ini, Sabtu (17/6/2023) cerah dan cerah berawan.

Dari laman resmi BMKG, siang hingga menjelang sore nanti cuaca di seluruh wilayah Riau diperkirakan cerah dan cerah berawan.

Begitu juga pada siang harinya, cuaca di seluruh wilayah Riau didominasi cerah. Bahkan diperkirakan suhu bisa mencapai 34 derajat celcius.

Berlanjut pada malam hari, cuaca di Riau lebih didominasi cerah berawan, hingga pada Minggu (18/6/2023) dinii hari diselimuti awan tebal tanpa ada potensi hujan.

Suhu di seluruh wilayah Riau hari ini lebih panas, berkisar 21-34 derajat celcius, dengan kelembapan 55-100 persen.

Selain seluruh wilayah Riau cerah dan cerah berawan sepanjang hari, Satelit Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi jumlah hotspot atau titik panas di Sumatera pagi ini masih 135 titik, berdasarkan update pada Jumat (16/6/2023) pukul 23.00 WIB.

"Titik panas di wilayah sumatera ada 135 titik, paling banyak di Sumut 76 titik, riau 27 titik dan Sumbar 22 titik," kata petugas BMKG Stasiun Pekanbaru, Yasir P.

Yasir melanjutkan, kemudian masing-masing ada empat titik panas di Aceh dan Jambi, serta satu titik panas di Sumsel dan Babel.

"Untuk 27 titik panas di riau, tersebar di kabupaten Rohul delapan titik, Rohil lima titik dan masing-masing empat titik di Inhu dan siak," tuturnya.

"Kemudian di kabupaten Kuansing ada dua titik panas, kota pekanbaru dua titik panas, kabupaten kampar satu titik panas dan Inhil satu titik panas," tukasnya.

Sementara suhu udara mulai 23 derajat hingga 34 derajat celcius. Kemudian kelembaban udara 50-98 persen dan arah angin Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 10-20 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0,5-1,25 meter (rendah).

Diketahui, beberapa waktu lalu Riau sempat dilanda Karhutla, tepatnya di wilayah perbatasan Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis mencapai puluhan hektare. (*)

Tags : cuaca cerah, cerah berawan, cuaca di riau, cuaca cerah sepanjang hari, cuaca cerah buat timbulnya titik hotspot, titik panas muncul di pulau sumatera,