Riau   2023/12/18 9:50 WIB

Cuaca Ekstrem Berpotensi Masih Menerjang Riau, BMKG: Diprediksi Bisa Terjadi Siang dan Malam

Cuaca Ekstrem Berpotensi Masih Menerjang Riau, BMKG: Diprediksi Bisa Terjadi Siang dan Malam

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Cuaca ekstrem masih berpotensi menerjang Riau yang bisa terjadi siang dan malam

"Perlu diwaspadai cuaca ekstrem, ada potensi angin kencang yang dibaringi petir dan hujan lebat disekitarnya."

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Kampar, dan Kepulauan Meranti pada sore atau malam dan dini hari," kata petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Riau, Ibnu Amiruddin, Senin (18/12).

Prediksi cuaca di Provinsi Riau bakal diguyur hujan lebat. Cuaca ekstrem berpotensi masih menerjang dengan sambaran petir dan angin kencang.

Ia memprediksi suhu udara tak begitu terik mencapai 32 derajat celcius.

Sementara prakiraan tinggi gelombang laut berkisar antara 0,5 meter (tenang). Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pagi hingga siang hari di sebagian besar wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Sebelumnya, BMKG stasiun Pekanbaru pada Jumat 15 Desember 2023 kembali mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di Riau ini.

"Cuaca ekstrim itu terjadi di sebagian wilayah kabupaten Rohul, Rohil, kampar, bengkalis, siak, Kuansing, pelalawan, Inhu, kota pekanbaru dan dumai pada siang atau sore dan malam atau dini hari," kata Prakirawan BMKG, Yasir.

Yasir menuturkan, pada pagi hari, udara kabur-cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rohil.

"Siang hari cerah berawan-berawan, dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah kabupaten kampar, Rohul dan Kuansing," tuturnya.

Ia melanjutkan, sore-malam hari cerah berawan-berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.

Sedangkan pada Sabtu 16 Desember 2023 dini hari udara kabur-berawan.

Ada potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rohil, Bengkalis, Rohul, Siak, Kampar, Pelalawan, Kuansing dan Kota Dumai.

BMKG stasiun Pekanbaru terus mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang masih akan terjadi di Riau dalam sepekan ini.

"Potensi cuaca ekstrim ini diprediksi melanda wilayah wilayah kabupaten kampar, bengkalis, siak, Kuansing, pelalawan, Rohul, Rohil, Inhu, kota dumai dan pekanbaru pada siang atau sore dan malam atau dini hari," kata Prakirawan BMKG Pekanbaru, Yasir.

Yasir menuturkan, untuk pagi hari cuaca di Riau diprediksi kabur-berawan hingga siang hari berangsur cerah berawan-berawan.

"Namun ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah kabupaten Rohil, bengkalis dan kota Dumai," ungkapnya.

"Sore-malam hari, cerah berawan-berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah provinsi riau," tambahnya.

Pada Kamis 14 Desember 2023 kemarin, BMKG juga memperkirakan udara kabur-berawan, namun ada potensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah.

"Hujan pada kamis dini hari melanda kabupaten Rohil, bengkalis, kampar, Rohul, Kuansing, siak, pelalawan, kota dumai dan pekanbaru," pungkasnya. (*)

Tags : cuaca ekstrem, hujan dan angin kencang, hujan terjang riau, bmkg prediksi cuaca ekstrem, hujan dan angin kencang terjadi siang dan malam, lingkungan,