Linkungan   2023/05/11 11:40 WIB

Cuaca Panas Terik 35 Derajat Celcius Bepotensi Menambah Hotspot di Riau

Cuaca Panas Terik 35 Derajat Celcius Bepotensi Menambah Hotspot di Riau

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyampaikan cuaca sebagian wilayah di Provinsi Riau, diprediksi panas terik.

"Suhu udara sekitar diprediksi bisa mencapai 35 derajat celcius yang begitu gerah dan berpotensi menambah titik hotspot di Riau."

"Suhu udara 23 derajat sampai 35 derajat celcius. Dengan kelembapan udara 50 sampai 98 persen dan angin Selatan hingga Barat berkecepatan bisa 25 Km per jam," kata Petugas BMKG Stasiun Pekanbaru, Yasir, Kamis (11/5).

Pagi hari cuaca cenderung cerah berawan, hanya saja cuaca siang hingga sore ada potensi hujan ringan hingga sedang. Bisa terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Rokan Hulu.

Lalu malam hari ada potensi hujan ringan tidak merata disebagian wilayah Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir.

Sementara itu prakiraan tinggi gelombang laut di Provinsi Riau masih tergolong rendah, berkisar 0,5 hingga 1,25 meter.

BMKG juga mendeteksi jumlah hotspot atau titik panas di Sumatera pagi ini ada 13 titik, berdasarkan update sejak pada Selasa 9 Mei 2023 pukul 23.00 WIB.

"Titik panas di wilayah sumatera ada 13 titik, paling banyak di Sumsel delapan titik," kata petugas BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya G.

Sanya melanjutkan, kemudian ada dua titik masing-masing di Jambi dan Riau, serta satu titik panas di Sumbar.

"Dua titik panas di riau berada di kabupaten kampar," sebutnya.

Sementara suhu udara mulai 23 derajat hingga 35 derajat celcius. Kemudian kelembaban udara 50-98 persen dan arah angin Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 10-20 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0,5-1,25 meter (rendah).

Diketahui, beberapa waktu lalu Riau sempat dilanda Karhutla, tepatnya di wilayah perbatasan Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis mencapai 60 hektare lebih.

Tteapi Yasir menambahkan pada Kamis 11 Mei 2023, titik panas atau hotspot di Provinsi Riau terpantau muncul kembali. Bahkan hotspot di Riau terdeteksi di dua kabupaten.

"Jumlah hotspot bisa saja bertambah, mengingat prediksi suhu udara bisa mencapai 35 derajat celcius," katanya

Hotspot Pulau Sumatera ada 35 titik, paling banyak ada di Sumatera Selatan 15 titik. Kemudian Sumatera Barat dua titik, Kepulauan Riau satu titik, Jambi dua titik, Bengkulu empat titik, Lampung lima titik, dan Bangka Belitung satu titik.

"Kemudian hotspot di Riau ada tiga titik. Tersebar di Kabupaten Siak satu titik dan Rohil (Rokan Hilir) dua titik," sambungnya.

Sebelumnya, Pemprov Riau bersama pemerintah daerah kabupaten/kota mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di musim kemarau. Namun sempat terjadi Karhutla hebat di perbatasan Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai.

Pemprov Riau kemudian telah menerima bantuan helikopter patroli Karhutla dan water bombing dari BNPB. Serta dua unit helikopter water bombing lagi bantuan Australia dan Malaysia sedang diperjalanan. (*)

Tags : cuaca panas, cuaca terik 35 derajat, cauaca panas landa riau, cuaca panas bepotensi menambah hotspot,