Dumai   2022/01/04 11:45 WIB

Dandim 0320/Dumai Letkol (Inf) Irdan Sambut Kedatangan 450 Prajurit Yonif 131 Usai Tugas di Perbatasan RI-PNG

Dandim 0320/Dumai Letkol (Inf) Irdan Sambut Kedatangan 450 Prajurit Yonif 131 Usai Tugas di Perbatasan RI-PNG
450 Prajurit Yonif 131 Tiba di Pelabuhan Dumai Usai Melaksanakan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG selama sembilan bulan, Senin (3/1/2022).

DUMAI - Sebanyak 450 prajurit dari Batalyon Infanteri 131/Braja Sakti Payakumbuh Sumatera Barat tiba di Kota Dumai setelah menjalankan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) dalam menjaga pertahanan di wilayah perbatasan Republik Indonesia - Papua Nugini (PNG).

450 prajurit Batalyon Infanteri 131 tiba menggunakan KRI Banjarmasin - 592 yang berlabuh di Dermaga C Pelabuhan Pelindo Dumai. Kedatangan Satgas disambut oleh Dandim 0320/Dumai Letkol (Inf) Irdan dan tamu undangan lainnya.

Letkol Infantri M. Erfani selaku Komandan Batalion dan Satgas Yonif 131 mengungkapkan, sebanyak 450 prajurit Yonif 131 telah tiba dengan selamat di dermaga C Pelindo Dumai setelah menjalankan tugas pengamanan di perbatasan RI-PNg selama sembilan bulan.

"Tugas mereka melaksanakan operasi pengamanan perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini, serta melakukan operasi pengamanan terhadap barang yang keluar masuk di perbatasan tujuannya mengantisipasi barang ilegal," kata Letkol Inf M. Erfani pada media, Senin (3/1).

Selain melakukan pengamanan di perbatasan, tugas mereka menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI. "Satgas juga membantu masyarakat membangun wilayahnya di perbatasan," tambahnya.

Untuk mencegah kemungkinan terpapar Covid-19, setibanya di Dermaga C Pelabuhan Pelindo Kota Dumai, seluruh prajurit yang turun dari KRI Banjarmasin satu per satu disemprot menggunakan cairan disinfektan, lalu menjalani swab antigen. "Alhamdulillah, hasil tes swab antigen seluruh prajurit dinyatakan negatif Covid-19," ungkapnya. 

Setelah semuanya dinyatakan negatif Covid-19, seluruh prajurit akan langsung kembali ke kesatuannya yaitu Batalyon Infanteri 131/Braja Sakti Payakumbuh Sumatera Barat melalui jalur darat.

Pada 12 Januari mendatang, seluruh prajurit yang telah selesai menjalankan tugas pengamanan di perbatasan akan mengikuti upacara penyambutan kedatangan Satgas yang akan dipimpin langsung oleh Panglima TNI di Markas Batalyon Infanteri 131 Payakumbuh.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini. Khususnya kepada Pemerintah Kota Dumai yang telah menurunkan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Dumai untuk melakukan pemeriksaan atau swab antigen terhadap seluruh prajurit yang tiba," pungkasnya. (*)

Tags : Dandim 0320/Dumai Letkol (Inf) Irdan, Kedatangan 450 Prajurit Yonif 131, Usai Tugas di Perbatasan RI-Papua Nugini,