Kesehatan   2024/09/25 11:1 WIB

Daun Kratom Juga ada di Bengkalis?, 'Bisa Kurangi Rasa Sakit, Rileks dan Bantu Pecandu Berhenti'

Daun Kratom Juga ada di Bengkalis?, 'Bisa Kurangi Rasa Sakit, Rileks dan Bantu Pecandu Berhenti'

KESEHATAN - Daun Kratom secara tradisional digunakan sebagai tanaman obat di daratan Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Thailand, dan Myanmar.

Daun tanaman sejenis kopi ini sangat populer di Amerika Serikat karena dipercaya dapat membantu mengurangi rasa sakit, membuat rileks dan membantu pecandu opium untuk berhenti.

Daun kratom juga ada di Bengkalis, namun legalitas kratom nya dipertanyakan banyak orang, apakah benar memiliki Daun Kratom Juga ada di Bengkalis, khasiat untuk mengurangi rasa sakit, buat seseorang rileks dan membantu pecandu opium bisa berhenti.

Apakah kratom tanaman obat atau obat terlarang?

Tetapi di Kalimantan tanaman ini bagi sekitar 300.000 petani menjadi sumber pendapatan.

Pohon itu berbatang tunggal dan memilki ranting-ranting yang berdaun.

Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian (BKP3) Kabupaten Bengkalis, Darmawi mengaku belum mengetahui adanya daun kratom yang dikenal memiliki khasiat itu.

Ia malah menyebutkan sebanyak 70 persen pangan warga Bengkalis justru masih impor dna belum terdengar daun kratom menjadi kebutuhan bagi daerah ini. 

“Hampir 70 persen hasil pangan kita berasal dari luar, nah tentunya hal itu menjadi PR bagi kita. Saat ini kita hendaknya bersama-sama memikirkan bagaimana, Bengkalis ini bisa berkembang dari hasil pertaniannya. Namun untuk daun kratom belum terdengar petani untuk mengelolanya,” ujarnya kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya belum lama ini.

Justru Darmawi kembali menerangkan standar konsumsi pangan di Kabupaten Bengkalis melebih dari standar nasional ternyata juga dipengaruhi besar oleh pasokan pangan yang memadai ke daerah ini khususnya di Pulau Bengkalis.

"Pasokan pangan yang selama ini dinikmati oleh masyarakat sebagian besar adalah pangan yang didatangkan dari luar daerah."

BKP3 terfus melakukan kontrol terhadap ketersediaan pangan. Walaupun ketersediaan pangan yang dimiliki dirasakan cukup oleh masyarakat.

"Kami terus menrus melakukan monitoring."

"Jika masyarakat yang memiliki lahan cukup luas, dan halaman pekarangan rumah yang kosong. Jika serius, paling tidak masing-masing rumah bisa ditanami tanaman yang menghasilkan pangan apakah sayuran maupun buah-buahan," katanya.

“Saya rasa, masyarakat Bengkalis juga belum terdengar untuk menanam pohon kratom. Berdasarkan pengamatan dan hasil pemantauan kami pohon itu bukan menjadi sumber penghasilan masyarakat," tutupnya. (*)

Tags : Daun Kratom, Bengkalis, Kratom Memilki Khasiat, Kratom Bisa Kurangi Rasa Sakit, Rileks dan Bantu Pecandu Berhenti,