Politik   2024/09/25 17:33 WIB

Debat Paslon Gubri-Wagubri Dijadwalkan 2 Kali Putaran, SUWAI: 'Sebaiknya Bersaing Secara Sehat di Pilkada Serentak 2024 Ini'

Debat Paslon Gubri-Wagubri Dijadwalkan 2 Kali Putaran, SUWAI: 'Sebaiknya Bersaing Secara Sehat di Pilkada Serentak 2024 Ini'
Paslon Syamsuar-Mawardi Saleh [SUWAI] Nomor Urut 3

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau telah resmi menetapkan jadwal kampanye dan debat bagi tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilkada Riau 2024.

Menurut rencana, dua kali debat akan digelar guna menggali visi dan misi para kandidat terkait pembangunan serta isu-isu strategis di Riau.

Debat pertama akan berlangsung pada 27 Oktober 2024, diikuti debat kedua yang dijadwalkan pada 17 November 2024.

Dalam debat ini, KPU akan melibatkan panelis dari berbagai perguruan tinggi di Riau untuk memberikan perspektif akademis dalam penilaian dan tanya jawab dengan para kandidat.

"Debat akan dilaksanakan dua kali, yaitu pada 27 Oktober dan 17 November," kata Nahrawi, Komisioner KPU Riau Divisi Teknis Pelaksanaan, saat mengumumkan jadwal resmi.

Selain itu pengundian nomor urut serta deklarasi kampanye damai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2024 juga sudah ditetapkan pada  Senin 23 September 2024 kemarin.

Tetapi menyikapi ini pasangan calon Gubernur dan Wagub, Syamsuar-Mawardi Saleh [SUWAI] nomor urut 3 menilai debat sebaiknya tetap bersaing secara sehat di Pilkada Serentak 2024 ini.

"Kami dari pasangan Suwai mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada KPU yang telah melaksanakan tahapan Pilkada sesuai peraturan yang berlaku," kata Calon Gubernur Riau Syamsuar.

Syamsuar berharap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dapat berjalan dengan lancar, jujur dan adil. Sehingga mendapatkan pemimpin terbaik untuk Provinsi Riau.

"Hal itu tentu untuk mendapatkan pemimpin terbaik di Provinsi Riau. Suwai," ungkapnya.

Dirinya menyebutkan nomor urut tiga merupakan nomor urut yang telah diidamkan pihaknya. Hal itu akan dijadikan sebagai alat tempur pada pesta demokrasi pada 27 November mendatang.

"Karena simbolnya W, sesuai dengan slogan kami Suwai. Kami dengan Buya Mawardi Saleh sudah siap mengemban amanah yang akan dipersiapkan di 27 November," katanya.

"Marilah kita bersaing secara sehat. Sebagai Negeri Melayu yang penuh dengan martabat dan harus kita pelihara dengan baik. Mudah-mudahan masyarakat Riau akan memilih yang terbaik untuk suatu kemajuan," katanya lagi.

Syamsuar juga menyebutkan jika terpilih, nantinya bersama dengan Mawardi Saleh akan sesuai dengan kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Mari kita bersama-sama menjaga marwah Riau agar suasana Pilkada di Riau dapat terwujud secara aman dan damai. Kita berharap dapat pula terpilih pemimpin yang terbaik dan kami sudah siap mengemban amanah yang mulia ini," sebut Syamsuar.

Sementara pihak KPU rencananya menurukan tema debat yang akan disusun mengacu pada kondisi terkini di Riau dan rencana pembangunan daerah di masa depan.

"Topik debatnya hampir serupa dengan Pilkada sebelumnya, mencakup isu pendidikan, kesehatan, sosial, pemerintahan, dan hukum. Hal ini penting untuk memberi gambaran yang jelas mengenai apa yang akan dilakukan para kandidat jika terpilih," tambah Nahrawi.

Sementara itu, Rabu 25 September 2024 hari ini juga menandai dimulainya masa kampanye resmi bagi ketiga pasangan calon.

Kampanye diawali dengan kirab kampanye yang diadakan oleh KPU Riau, di mana para kandidat mulai memperkenalkan diri dan program kerja mereka kepada masyarakat.

Dengan masa kampanye dan debat yang telah ditetapkan, Pilkada Riau 2024 diharapkan berjalan dengan lancar dan menjadi ajang bagi masyarakat untuk menentukan pemimpin terbaik yang akan membawa kemajuan bagi Provinsi Riau. (*)

Tags : pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2024, paslon cagubri-wagubri, debat paslon Gubri-Wagubri, KPU tetapkan debat putaran, paslon Syamsuar-Mawardi Saleh [SUWAI] minta Bersaing Secara Sehat, Pilkada Serentak 2024,