Politik   2022/10/03 17:12 WIB

Ketua DPW Partai Ummat Hadiri Deklarasi Jaringan Relawan Anies Bawesdan, Fauzi Kadir: 'Kami Kerahkan Semua Kekuatan untuk Calon Presiden'

Ketua DPW Partai Ummat Hadiri Deklarasi Jaringan Relawan Anies Bawesdan, Fauzi Kadir: 'Kami Kerahkan Semua Kekuatan untuk Calon Presiden'

PEKANBARU - Deklarasi jaringan relawan Anies Bawesdan yang di gelar di 'Oma Joglo Resto' Minggu 2 Oktober2022 dibilangan Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru juga dihadiri ketua DPW Partai Ummat Riau Fauzi Kadir.

"Partai Ummat akan mengerahkan kekuatan penuh untuk ikut menenangkan Anies Baswedan bakal calon Presiden 2024."

"Menyusul Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang telah resmi mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta sebagai bakal calon Presiden 2024, Partai Ummat juga mengusung Anies Bawesdan," kata Fauzi Kadir usai dilakukan deklarasi jaringan relawandidepan wartawan. 

Menurutnya tidak ada bakal calon lain selain Anies Baswedan di Partai Ummat karena Anies dinilainya sosok yang pantas memimpin bangsa ini.

"Kami dari Partai Ummat akan mengerahkan semua kekuatan, semua yang kami mampu untuk Anies Baswedan sebagai calon presiden," ujar Fauzi Kadir.

Partai besutan Amien Rais itu kata dia akan menggerakkan simpul-simpul relawan yang sudah banyak dibentuk. 

"Di Riau banyak kader dan pengurus yang sudah bergerak melalui barisan relawan Anies Baswedan, tentunya begitu juga di daerah lain," kata Fauzi Kadir.

Kekuatan Partai Ummat juga perlu diperhatikan. Terlebih, sosok Amien Rais masih berada di barisan Partai Ummat ini.

"Kita melihat pemimpin dari semua sisi dan yang dianggap sangat bisa memajukan Indonesia ini ada di tangan Anies Baswedan," kata Fauzi Kadir.

Amien Rais telah politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) di Riau, Fauzi Kadir, sebagai ketua wilayah Partai Ummat di Bumi Lancang Kuning. 

Fauzi Kadir sendiri merupakan politisi PAN Riau yang berpengaruh pada tahun 2000-an. Fauzi, bahkan pernah dipercaya menjadi pimpinan PAN Riau pada saat itu.

Sebagai partai baru, Fauzi yakin Partai Ummat memiliki daya tarik bagi publik maupun politisi. Terlebih, figur Amien Rais sudah menjadi simbol politik bagi kelompok tertentu seperti simpatisan PAN. 

"Yang sudah bergabung dengan Partai Ummat berasal dari PAN, Muhammadiyah, dan komponen lainya," kata Fauzi. 

Sebagai informasi, Fauzi kenal dengan Amien Rais saat masih aktif menekuni pendidikan di Yogyakarta. Di Kota Pelajar itu, Fauzi menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), posisi yang membuatnya dekat dengan cendikiawan Islam seperti Amien Rais. 

Adapun kepindahan sejumlah kader PAN ke Partai Ummat diyakini bakal memberatkan PAN menghadapi pemilu 2024. Meski begitu, Wakil Ketua DPW PAN Riau, Zulfi Mursal menilai efek politik tersebut tidak bisa diukur sekarang ini. 

"Kalau soal ada pengaruh atau tidak, ya pasti ada pengaruh. Sebesar apa persisnya pada 2024, tidak bisa ditebak pada saat ini. Sebab dalam pemilu, pemilih lebih melihat figur ketimbang partai," ungkap Ketua Fraksi PAN di DPRD Riau ini. 

Dikatakan Zulfi, kemunculan Partai Ummat bakal direspon dengan kerja-kerja politik. Tindakan itu bisa dilakukan melalui perangkulan terhadap tokoh-tokoh PAN yang memiliki pengaruh di akar rumput.   

"Bagaimanapun besarnya partai dipengaruhi oleh capaiannya sendiri. Oleh sebab itu kita akan melihat sosok yang berpengaruh di akar rumput," tukasnya. (*)

Tags : Fauzi Kadir, Ketua DPW Partai Ummat Riau Fauzi Kadir, Partai Ummat Kerahkan Kekuatan Menangkan Anies Baswedan jadi Presiden,