Agama   2023/11/08 18:14 WIB

Delapan Pintu Rezeki Bagi Manusia Sudah Ditetapkan Allah SWT

Delapan Pintu Rezeki Bagi Manusia Sudah Ditetapkan Allah SWT

AGAMA - Allah SWT telah menetapkan rezeki untuk seluruh makhluknya, baik jin, malaikat, iblis, hewan, tumbuhan, dan manusia. 

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Allah SWT telah menetapkan rezeki untuk seluruh makhluknya, baik jin, malaikat, iblis, hewan, tumbuhan, dan manusia. Semuanya diberikan rezeki, dan tak ada satupun yang tak kebagian. Artinya, semuanya dapat bagiannya masing-masing.

Dalam Al-Quran, banyak ayat yang menyebutkan tentang pembagian rezeki tersebut. Dari sekian banyak ayat, setidaknya ada delapan ayat yang menegaskan tentang pintu-pintu rezeki bagi makhluk Allah.

Ke delapan pintu rezeki itu adalah:

  1. Rezeki Dijamin untuk Semua Makhluk
  2. Rezeki karena Bertakwa/Tawakal
  3. Rezeki karena Bekerja/Berusaha
  4. Rezeki karena Sedekah
  5. Rezeki karena Istighfar
  6. Rezeki karena Menikah
  7. Rezeki karena Anak
  8. Rezeki karena Bersyukur

Seperti apa dalil-dalil Al-Quran yang menegaskan pembagian ke delapan pintu rezeki tersebut, yuk simak keterangannya.

1. Rezeki Diberikan untuk Semua Makhluk

Dalam Al-Quran Surat Hud ayat 6, Allah SWT berfirman:
وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). (QS. Hud; 6) 

Dari keterangan ayat di atas, jelaslah bahwa tidak ada satu pun makhluk Allah, termasuk hewan melata bahkan yang berada di dalam tanah atau bahkan di dasar lautan yang luput dari pengetahuan Allah untuk memberikan rezeki kepada makhluknya.

2. Rezeki karena Taqwa dan Tawakal
وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا..
وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

“ Dan siapa yang bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan memberinya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. At-Thalaq; 2-3).

Dari ayat ini, Allah menegaskan bahwa akan memberikan rezeki kepada mereka yang bertaqwa dan senantiasa bertawakkal kepadanya.

3. Rezeki karena Usaha/Kerja
وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ وَأَنَّ سَعْيَهُۥ سَوْفَ يُرَىٰ ثُمَّ يُجْزَىٰهُ ٱلْجَزَآءَ ٱلْأَوْفَىٰ

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.” (QS. An-Najm: 39-4).

4. Rezeki karena Rajin Sedekah
مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah; 245).

5. Rezeki karena istighfar 

“Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12).

6. Rezeki karena Menikah
وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.” (QS. An-Nur; 32).

7. Rezeki karena Anak

وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ اِمْلَاقٍۗ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَاِيَّاكُمْۗ اِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْـًٔا كَبِيْرًا

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar.” (QS. Al-Isra; 31). 

8. Rezeki karena Bersyukur
وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.“ (QS. Ibrahim; 7).

Nah, Sahabat Rumah Berkah, demikianlah delapan pintu rezeki yang diberikan Allah kepada makhluknya. Semoga sahabat sekalian, senantiasa diberikan kemurahan rezeki dan mendapatkan hasil yang banyak serta menjadi hamba-hamba Allah yang pandai bersyukur. Aamiin.

Sumber: Republika.co.id

Tags : pintu rezeki, delapan pintu rezeki, rezeki bagi manusia, allah swt tetapkan pintu rezeki,