Daik Lingga   2024/04/24 20:54 WIB

Desa Bakong Gunakan Dana Desa untuk Bangun Semenisasi dan Ketahanan Pangan

Desa Bakong Gunakan Dana Desa untuk Bangun Semenisasi dan Ketahanan Pangan
Desa Bakong, Kecamatan Singkep Barat, Daik Lingga, Kepri

DAIK LINGGA, RIAUPAGI.COM - Desa Bakong, Kecamatan Singkep Barat, Daik Lingga, Kepulauan Riau [Kepri] menggunakan Dana Desa [DD] untuk bangun semenisasi dan ketahanan pangan.

"Desa Bakong gunakan dana desa untuk pembangunan."

"Untuk tahun 2024, sesuai yang tertuang di APBDes itu kita lanjutan semenisasi di Dusun I dan III. Selain itu untuk ketahanan pangan berupa penyaluran bantuan alat tangkap ikan bagi nelayan tradisional," kata Satria Agusnawan S.IP, Kades Bakong dalam laporannya melalui pesan elektronik melalui Whats App [WA], Rabu (24/4/2024) malam ini.

Agus tidak menjelaskan besaran ADD tahun 2024 itu.

Namun soal semenisasi pada tahap pertama sudah dilakukan sepanjang 100 meter di Dusun I.

"Soal besaran anggarannya kalau tak salah Rp100 juta," sebutnya.

"Semua kegiatan tentu lebih dahulu melalui hasil musyawarah desa yang melibatkan seluruh perangkat desa dan menyepakati mengalokasikan ADD untuk pembangunan  diwilayah desa ini," katanya.

“Kita alokasikan ADD untuk pembangunan desa karena infrastruktur masih penting, ini untuk demi kelancaran aktifitas warga desa,” jelasnya.

“Alokasi ADD tersebut merupakan hasil musyawarah perangkat desa yang dituangkan di perencanaan pembangunan desa, kemudian kita alokasikan anggaran tersebut salah satunya untuk pembangunan semenisasi dan membatu alat tangkap nelayan,” ujarnya.

“Pekerjaan pembangunan semenisasi masih tahap pekerjaan yang dilakukan oleh warga desa, dengan target pekerjaan sekitar 14 hari bisa selesai kalau tidak ada halangan apapun,” terangnya.

Dia juga menyinggung soal ADD 2023 yang digunakan untuk ketahanan pangan, bibit kerapu cantang dan alat tangkap bubu ketam [nelayan].

"Untuk fisik kita semenisasi jalan, pembangunan TPT, dan tambatan perahu. Serta untuk kesehatan kite ada melakukan pengadaan ambulan laut desa [Amdes]," terangnya. (rp.sdp/*)

Tags : desa bakong, daik lingga, dana desa, anggaran dana desa, add desa bakong, desa bakong jalankan ketahanan pangan,