News Daerah   2023/08/04 8:21 WIB

Desa Dayun Dulu Tertinggal Jadi Desa Wisata Miliki Danau Cantik, 'yang Berjarak 81 Km dari Pekanbaru'

Desa Dayun Dulu Tertinggal Jadi Desa Wisata Miliki Danau Cantik, 'yang Berjarak 81 Km dari Pekanbaru'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Berjarak 81 Km dari Pekanbaru, Desa Dayun di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, dulunya merupakan daerah tertinggal.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, Desa Dayun perlahan berubah menjadi desa berkembang, maju dan saat ini menjadi desa mandiri.

Dikutip dari laman kemenparekraf.go.id, dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Desa Dayun ikut bersaing dengan 3.419 desa wisata lainnya dari 34 provinsi di Indonesia.

Yang mewakili Riau dalam ajang ADWI 2022 tersebut, masuk dalam 50 besar nasional.

Desa Dayun menjadi satu-satunya kampung tercantik yang bikin takjub di Provinsi Riau, yang lokasinya berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Pekanbaru.

Desa Dayun ini bahkan terkenal hingga mancanegara. Bahkan turis asing berulangkali mengunjungi dan takjub atas desa wisata tersebut.

Objek wisata di desa tersebut bernama Danau Zamrud, yang masuk dalam wilayah kawasan Taman Nasional Zamrud, Riau.

Di Danau Zamrud tersebut rencananya akan dibangun sebuah restoran serta hotel terapung di atasnya.

Tidak hanya danau, desa wisata itu juga memilki sembung terpadu yang letekanya berada di antara kebun sawit di desa itu.

Menikmati keindahan Desa Dayun akan terasa lebih mantap jika berkunjung pada sore hari, sebab bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang begitu menawan. (*)

Tags : desa dayun, desa tertinggal, desajadi wisata, desa dayun miliki danau cantik, desa dayun berjarak 81 km dari pekanbaru, wisata, riau, desa dayun di danau zamrud, News Kota,