Riau   2024/07/22 8:3 WIB

Dewan Belum Menerima Informasi Pengunduran Diri Pj Gubri SF Hariyanto, 'Yang Masih Ngotot Maju di Pilgub 2024'

Dewan Belum Menerima Informasi Pengunduran Diri Pj Gubri SF Hariyanto, 'Yang Masih Ngotot Maju di Pilgub 2024'
Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto

Hingga hari Ini pimpinan DPRD Riau belum dapat informasi soal mundurnya Pj Gubri.

PEKANBARU - Kabar soal Penjabat [Pj] Gubernur Riau [Gubri] SF Hariyanto akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada] Riau 2024 telah bergulir sejak beberapa pekan terakhir.

"Pj Gubri SF Hariyanto belum mengajukan pengunduran diri untuk maju di Pilgub 2024."

"Saya belum dapat info. Artinya Pj kepala daerah termasuk SF Hariyanto seharusnya sudah mengirimkan surat pengunduran diri pada Mendagri sejak Jumat 19 Juli 2024 lalu," kata Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto mengaku belum mendapat informasi apa-apa soal pengunduran diri SF Hariyanto, Minggu (21/7).

Sebagaimana aturan yang tertuang dalam surat edaran Mendagri nomor 100.2.1.3/2314/SJ bertanggal 16 Mei 2024, seluruh Pj kepala daerah yang ingin maju Pilkada harus mengundurkan diri selambat-lambatnya 40 hari sebelum jadwal pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pengumuman Pendaftaran Pasangan Calon akan digelar dari tanggal 24-26 Agustus 2024 dan Pendaftaran Pasangan Calon akan digelar dari tanggal 27-29 Agustus 2024.

Meskipun kepala daerah terikat pada aturan Kemendagri dan harus menyampaikan surat pengunduran diri langsung ke pusat, sebagai dewan perwakilan rakyat tingkat provinsi DPRD Riau juga wajib mengetahui sekaligus menerima surat pengunduran diri SF Hariyanto sebagai Pj Gubri.

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Riau, Jhon Armedi Pinem juga enggan memberi komentar apapun terkait pengunduran diri atasannya tersebut.

"Tanya langsung ke orangnya [SF Hariyanto]," ujarnya beberapa waktu lalu.

Sementara itu SF Hariyanto sendiri seolah telah memberikan sinyal akan maju di Pilkada 2024.

Ia tampak beberapa kali datang menghadiri agenda bersama bakal calon gubernur yang diusung PKB, Abdul Wahid.

Abdul Wahid sendiri diketahui hingga kini belum mengumumkan siapa yang akan menjadi pendampingnya di Pilkada.

Sinyal lainnya diberikan SF Hariyanto dengan mengatakan dirinya siap bertempur untuk dua bulan mendatang, atau bersamaan dengan pendaftaran Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau dibuka oleh KPU Riau.

"Sekarang saya Pj Gubernur Provinsi Riau, dua bulan lagi saya siap bertempur," ujarnya saat memberikan sambutan pada agenda Pelantikan Pejabat Eselon II di Gedung Daerah Gubernur Riau, Kamis (18/7/2024).

Namun saat dikonfirmasi atas ucapannya itu, SF Hariyanto mengelak.

"Saya tidak maju juga tidak mundur, saya masih kerja jadi Pj gubernur ini, masih PNS," pungkasnya. (*)

Tags : penjabat gubernur riau, pj gubri sf hariyanto, pengunduran diri pj gubri, pilgub 2024,