News Kota   2023/07/07 10:56 WIB

Dewan Kembali Soroti Rencana Pembangunan Proyek Alun-alun di Eks MPP

Dewan Kembali Soroti Rencana Pembangunan Proyek Alun-alun di Eks MPP
Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Pasla

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah [DPRD] Kota Pekanbaru menyoroti rencana pembangunan alun-alun di lokasi Eks Gedung B Mal Pelayanan Publik (MPP) yang terbakar beberapa waktu lalu

"Rencana pembangunan proyek alun-alun di Eks MPP masih disorot."

"Pertama kita minta dilakukan ekspos atau pemaparan dari Pemko terkait rencana pembangunan alun-alun tersebut," kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Pasla, Kamis (6/7).

"Kita ingin ketahui seberapa besar anggaran yang dibutuhkan dan kemampuan keuangan daerah untuk membiaya bagaimana?," tanya dia.

Komisi yang membidangi persoalan infrastruktur dan pembangun ini mempertanyakan urgensi dari pembangunan alun-alun tersebut untuk masyarakat.

Politisi PAN ini menekankan akan sisi manfaat untuk masyarakat jika pembangunan alun-alun yang direncanakan akan dibangun pada awal 2024 terealisasi.

"Kami sebagai perwakilan masyarakat tentu menekankan kepentingan yang paling diutamakan. Kalau pembangunan gedung tambahan seperti yang direncankan Pemko untuk memudahkan pelayanan baik dari perizinan maupun pengurusan administrasi kependudukan lainnya. Namun untuk manfaat lain dari keberadaan alun-alun dan gedung MPP tentu juga wajib dirasakan segenap masyarakat pekanbaru," tegas Roni.

Diakui Roni, belum adanya alun-alun di Kota Bertuah jadi salah satu pertimbangan, namun tentunya dengan catatan tidak terkesan dipaksakan tetapi sudah diperkirakan dengan kemampuan keuangan daerah dan tidak mengorbakan kebutuhan dasar masyarakat.

"Kebutuhan dasar masyarakat wajib menjadi prioritas. Seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Apabila ini sudah dapat dipenuhi pemerintah, tentu yang lainnya dapat kita realisasikan," pungkas Roni.

Diketahui, Pemko Pekanbaru telah merencanakan mengubah eks Gedung B MPP Pekanbaru yang terbakar menjadi alun-alun, serta akan membangun gedung empat lantai untuk pelayanan dan perkantoran.

Untuk pembangunan alun-alun dan gedung tersebut, Pemko Pekanbaru sudah membuat Detail Engineering Design (DED)-nya.

Rencananya, alun-alun akan dibangun di tengah-tengah, tepat di lokasi Gedung B MPP yang terbakar saat ini. Sementara gedung MPP baru akan dibangun terusan dari Gedung C ke belakang. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : gedung mal pelayanan publik, gedung mpp pekanbaru, dewan soroti rencana pembangunan proyek alun-alun di eks mpp, news kota,