News Kota   2022/10/10 7:56 WIB

Dewan Menilai Perlunya Gotong Royong Atasi Banjir, 'yang Sudah Tanggungjawab Bersama'

Dewan Menilai Perlunya Gotong Royong Atasi Banjir, 'yang Sudah Tanggungjawab Bersama'
Wan Agusti, Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru

PEKANBARU - Wan Agusti, Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru berharap perlunya gotong royong atasi banjir yang sudah tanggungjawab bersama.

"Dewan menilai perlunya gotong royong atasi banjir yang sudah tanggungjawab bersama."

"persoalan banjir yang terjadi hampir di sebagian besar Kota Pekanbaru perlu diatasi semua pihak. Mulai dari masyarakat hingga pemerintah, baik Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau," kata Wan Agusti.

Dia minta untuk kawasan rawan banjir seperti di Kacamatan Rumbai Timur, diminta masyarakat dan pemerintah tetap siaga kemungkinan banjir akan terjadi lagi.

"Saat ini Pekanbaru masih berpotensi hujan dan kondisi sungai Siak mengalami air pasang."

"Kecamatan Rumbai ini berdekatan dengan sungai siak, jadi ketika air sungai tinggi dan hujan terus menerus potensi air sungai meluap sangat besar bahkan beberapa waktu lalu sampah masuk rumah warga," ungkap Wan Agusti, Minggu (9/10).

"Kita khwatir akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti korban nyawa dan materi yang cukup banyak," sambungnya.

"Jika perlu, standby kan petugas di wilayah tersebut," tambahnya.

Untuk langkah antisipasi, menurutnya, masyarakat diminta untuk kembali aktif melakukan gotong royong dan memastikan parit-parit tidak dipenuhi sampah.

Dinas PUPR  Pekanbaru segera menormalisasi parit-parit yang tersumbat, di wilayah banjirnya cukup parah. "Mulai lah gotong royong dan masyarakat hendaknya ikut melakukan normalisasi parit yang sudah dilakukan pemerintah," ujarnya.

Dia pun meminta agar alokasi anggaran untuk penanganan banjir pada 2023 ini dimaksimalkan.

"Kita akan mengadakan pertemuan dengan dinas PUPR untuk membicarakan porsi anggaran penanggulangan banjir di APBD 2023 nanti," sebutnya.

"Kita berharap anggaran yang maksimal untuk penanganan banjir di kota pekanbaru. Apalagi kota Pekanbaru sudah punya masterplan penanganan banjir," harapnya. (rp.sul/*)

Tags : Gotong Royong Atasi Banjir, DPRD Pekanbaru, Dewan Menilai Perlunya Gotong Royong, Banjir Tanggungjawab Bersama, News Kota,