News Kota   2023/11/07 19:20 WIB

Dewan Minta Disperindag Turun ke Lapangan, 'untuk Pastikan Tak ada Spekulasi Harga Sembako yang Melejit'

Dewan Minta Disperindag Turun ke Lapangan, 'untuk Pastikan Tak ada Spekulasi Harga Sembako yang Melejit'

PEKANBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah [DPRD] Kota Pekanbaru melihat mahalnya sejumlah bahan pokok di pasar-pasar tradisional disinyalir tidak sepenuhnya karena faktor cuaca yang mempengaruhi hasil panen dari tingkat petani.

"Disperindag diminta turun ke lapangan untuk pastikan tak ada spekulasi harga Sembako yang melejit."

"Ya, saya ada curiga kepada para tengkulak gara-gara harga sembako ini naik. Jadi mereka mengumpulkan bahan itu, dan pada saat murah ditahano mereka. Tapi ketika itu mulai langka dan pas momen hari-hari tertentu mereka mengeluarkan stok barang itu dengan harga yang tinggi," kata Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Dapot Sinaga mencurigai adanya permainan harga di lapangan, tadi Selasa (7/11).

Dapot pun meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru untuk bergerak turun melakukan pengawasan di setiap pasar-pasar.

"Disperindag harus mengawasi. Turun ke pasar-pasar dan perhatikan apa masalahnya kok bisa harga-harga ini pada naik dan mahal," ujarnya.

Dapot menambahkan, Komisi II yang membidangi perdagangan, mengusulkan Pemko Pekanbaru untuk menyediakan gudang khusus sembako.

Guna menjaga ketersediaan bahan pokok seperti cabai dan bawang. Namun, hingga kini belum terealisasi sama sekali.

"Pada saat musim panen cabai, bawang dan sembako lainnya itu bisa dikumpul dan disimpan di banker itu," terangnya.

"Jadi pada saat momen tertentu seperti tahun baru, hari raya dan hari-hari besar lainnya bisa dikeluarkan dengan harga yang terjangkau," sambungnya.

Ia tak memungkiri faktor alam masih menjadi salah satu penyebab terjadinya kenaikan harga kebutuhan bahan pokok. Sehingga, pasokan bahan pokok dari daerah penyuplai seperti Sumatera Barat ataupun Sumatera Utara menjadi terhambat.

Maka itu, Disperindag Kota Pekanbaru juga diminta untuk memperhatikan dan mengawasi pendistribusian bahan pokok tersebut.

"Di Simalungun Sumatera Utara itu seharusnya panen rayanya bagus. Tapi karena cuaca panas itu membuat kekeringan jadi hasilnya tidak bagus. Apalagi, Pekanbaru ini bukan penghasil cabai dan sayur-sayuran lain, maka itu Disperindag harus memperhatikan kondisi kenaikan harga ini, pasokan sembako dari luar daerah itu harus diawasi betul," jelas Dapot. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : dewan soroti sembako, pekanbaru, harga sembako melejit, News Kota,