Headline Pekanbaru   2024/03/19 14:8 WIB

Dewan Minta Pemko Lakukan Langkah Konkret untuk Intervensi Harga Kebutuhan Pangan

Dewan Minta Pemko Lakukan Langkah Konkret untuk Intervensi Harga Kebutuhan Pangan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru minta Pemko melakukan sejumlah langkah konkret untuk menstabilkan harga pangan yang saat ini melambung tinggi.

"Pemko diminta lakukan langkah konnkret untuk intervensi harga kebutuhan pangan."

"Kenaikan harga pangan saat ini jelas memberatkan para pedagang takjil yang berjualan berbagai makanan dan minuman," kata Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Munawar Syahputra SH, Senin (18/3).

"Banyak yang pusing tujuh keliling gara-gara penghasilan mereka pas-pasan ditengah lonjakan harga ini. Tolong, pemerintah untuk intervensi harga-harga bahan pokok dan pangan ini segera," sambungnya.

Menurutnya, meski komoditas cabai sudah turun, tetapi tidak berlaku bagi kebutuhan masyarakat lainnya yang mayoritas masih tinggi seperti beras, minyak goreng, gula dan kebutuhan lainnya, tetapi dewan tetap mendesak Pemko Pekanbaru untuk segera melakukan intervensi terhadap harga kebutuhan pokok.

Pasalnya, para penjual takjil banyak mengeluhkan naiknya harga bahan pokok dan pangan yang kian melambung tinggi.

Munawar mengaku miris, di momen bulan suci Ramadan 1445 Hijriah ini masyarakat dibarengi dengan kenaikan sejumlah harga bahan pokok. Tentu ini berimbas bagi pedagang takjil karena sulit dalam menentukan harga dagangannya.

"Harga-harga sekarang semua serba mahal, pedagang-pedagang takjil ini kebingungan menetapkan harga dagangannya berapa," tuturnya.

"Keuntungannya jadi kecil terus belum lagi kalau dagangannya tak laku. Pemerintah harus lebih pedulilah terhadap rakyat kecil yang mau coba usaha ini," sambungnya.

Pemko Pekanbaru pun diminta secepatnya untuk dapat mengambil langkah-langkah menurunkan harga pangan yang ada di pasaran.

"Tentu saja kami (DPRD) berharap pemerintah dapat melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga-harga yang serba mahal ini. Jika ada tengkulak yang memainkan dengan seenaknya saja menaikkan harga ya langsung aja ditindak. Kan kita ada Satgas pangan," tegas Munawar.

Politisi NasDem yang terpilih menjadi anggota DPRD Riau periode 2024-2029 ini berharap pemerintah dapat bergerak cepat menstabilkan harga bahan pokok dan komoditi pangan lainnya.

"Kita ingatkan pemerintah jangan tinggal diam, harga-harga itu segera diturunkan. Kasihan para pedagang takjil ini mencari untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, memikirkan bagaimana menambah penghasilan mereka untuk berlebaran esok," pungkasnya. (rp.elf/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : sembilan bahan pokok, harga sembako tinggi, pekanbaru, intervensi harga kebutuhan pangan,