News Kota   2024/10/16 7:33 WIB

Dewan Minta Pemko Tindak Tegas Kericuhan Pedagang, 'Tegakkan Aturan di Kawasan Cut Nyak Dien'

Dewan Minta Pemko Tindak Tegas Kericuhan Pedagang, 'Tegakkan Aturan di Kawasan Cut Nyak Dien'

PEKANBARU - Anggota DPRD Kota Pekanbaru meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tegas dalam penegakan aturan. Tidak hanya soal Pasar Cut Nyak Dien, tapi penataan seluruh pedagang yang ada di Kota Pekanbaru.

"Pemko jangan takut tegakkan aturan atas kericuhan pedagang di kawasan Cut Nyak Dien."

''Seperti saya bilang, Pemko jangan tunduk apalagi kalah dengan premanisme, pemerintah yang punya aturan sekaligus menegakkan, jadi jangan takut. Selama sesuai aturan, kami wakil rakyat dukung,'' kata Fatullah MH, Politis Demokrat ini, Selasa (15/10).

Ini ditegaskan Fatullah, setelah munculnya kericuhan pedagang usai Kuliner Malam Cut Nyak Dien diambil alih Pemko Pekanbaru.

Esensi dari penataan pedagang, di mana pun termasuk Cut Nyak Dien, adalah untuk membina dan memberi kemudahan.

Pedagang harus diberi tempat, namun kata Fathullah, semua harus berpegang pada aturan yang ada.

''Selama sesuai dengan koridor, jangan takut. Para pedagang juga kita imbau, maksud pemerintah itu baik, mari kita ikut aturan main,'' ujarnya.

Fathullah tidak ingin ada kekuatan yang lebih besar dari pemerintah daerah dalam penataan kota. Kota Pekanbaru menurutnya tempat orang mencari nafkah dan kehidupan, namun semua harus ikut aturan.

Sebaliknya, Fathullah mengingatkan kepada pemerintah agar melakukan pembinaan dan penataan. Jangan justru ketika dikelola pemerintah malah pedagang menjerit.

''Soal Cut Nyak Dien, penataannya jangan ada sifatnya bisnis. Maksud saya pemerintah jangan berbisnis dalam hal ini. Jangan coba-coba mencari kesempatan dalam kesempitan. Disperindag kami benar-benar mengelola dan menata semua pedagang kaki lima yang ada di kota ini,'' ujarnya lagi.

Penataan yang dilakukan Pemko Pekanbaru adalah bagian dari pelayanan. Ketika para pedagang ditata dan dibina, sebut Fathullah, mereka akan sejahtera. Ketika pedagang dan warga kota sejahtera, disitulah pemerintah melihatkan perannya sebagai penyelenggara negara yang baik. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : Kawasan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, kawasan kuliner pekanbaru, Dewan Minta tindak tegas kericuhan pedagang, Tegakkan Aturan di Kawasan Cut Nyak Dien, News Kota,