Pekanbaru   2023/02/18 21:17 WIB

Dewan Nilai Pimpinan OPD Tak Punya Inovasi dalam Jalankan Program Kerja

Dewan Nilai Pimpinan OPD Tak Punya Inovasi dalam Jalankan Program Kerja
Ketua Komisi I DPRD Riau, Eddy M Yatim

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Komisi I DPRD Riau menyimpulkan banyak pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak memiliki inovasi dalam menjalankan program kerja.

"Dewan Nilai Pimpinan OPD Tak Punya Inovasi dalam menjalankan program kerja tahun anggaran 2022 lalu."

"Jadi jangan asal bapak senang s. Kita sudah memanggil 12 mitra kerja, intinya dalam pertemuan itu kita mengevaluasi pekerjaan mereka di 2022. Apa saja pencapaiannya, seperti apa kendalanya itu yang kita evaluasi," kata Ketua Komisi I DPRD Riau, Eddy M Yatim pada wartawan, Kamis (16/2/2023).

Usai melakukan hearing dan evaluasi terhadap OPD yang menjadi mitra, Komisi I DPRD Riau menyimpulkan banyak pimpinan OPD yang tidak memiliki inovasi dalam menjalankan program kerja tahun anggaran 2022.

"Selama ini, yang dilakukan hanya kegiatan rutin saja, yang juga sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Banyak Kadis yang kita nilai tidak memiliki inovasi," tegasnya.

Eddy mengungkapkan, penilaian itu tidak hanya berasal dari Komisi I DPRD Riau. Tapi juga berdasarkan hasil yang disampaikan oleh Tim Evaluasi Pejabat Tinggi Pratama (PTP), bahwa program-program yang dijalankan pimpinan OPD Pemprov Riau sepanjang tahun 2022 tidak memiliki gebrakan.

"Makanya kita lakukan evaluasi secara menyeluruh, dan ternyata memang betul seperti itu realitanya. Saya tidak tahu apa yang menyebabkan mereka bekerja seperti itu. Apakah ini karena 'ABS' (asal bapak senang) saja?" kata politisi Demokrat itu.

Padahal, menurutnya, visi misi Gubernur Riau sudah jelas. Sehingga pimpinan OPD tinggal mengikuti apa saja yang menjadi arahan dari visi-misi tersebut, dengan catatan program yang disusun harus memiliki gebrakan sehingga memilih manfaat yang lebih luas lagi.

"Pada tahun 2023, mitra kerja kami dorong untuk memiliki kegiatan uang yang inovatif. Kami akan selalu melakukan monitoring terhadap kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan dan usulkan," pungkasnya. (*)

Tags : Dewan Nilai Kinerja Organisasi Perangkat Daerah, Pimpinan OPD Tak Punya Inovasi, OPD di Riau, OPD dalam Jalankan Program Kerja,