Artikel   2023/01/10 9:49 WIB

Di Tahun 2023, Saatnya Menyikat Gigi dengan Benar Menurut Sains

Di Tahun 2023, Saatnya Menyikat Gigi dengan Benar Menurut Sains

TAHUN 2023, saatnya menyikat gigi dengan benar. Cara menyikat gigi yang efektif menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, serta menjaga kesehatan gigi dan gusi. Tetapi banyak dari kita masih melakukannya dengan keliru.

Walaupun sudah menjadi rutinitas sejak kecil, kebanyakan dari kita sangat buruk dalam menyikat gigi.

Di Swedia, satu studi menemukan bahwa sedikitnya hanya satu dari 10 orang yang mempraktikkan teknik menyikat gigi yang baik. Perusahaan asuransi kesehatan Inggris Bupa menemukan bahwa hampir setengah dari responden tidak tahu cara menyikat gigi dengan benar dalam survei terhadap 2.000 orang di Inggris.

"Kemungkinan besar siapa pun yang belum pernah mendapat instruksi formal dari dokter gigi atau ahli higiene tidak tahu cara menyikat gigi yang benar," kata Josefine Hirschfeld, profesor madya dan spesialis kedokteran gigi restoratif di University of Birmingham di Inggris.

Mungkin itu tidak mengherankan, mengingat ada begitu banyak informasi tentang cara menyikat gigi yang benar. Satu studi menemukan setidaknya 66 saran ahli yang berbeda, kadang-kadang saling bertentangan satu sama lain.

"Saya pikir ini sangat membingungkan bagi konsumen," kata Nigel Carter, kepala eksekutif Oral Health Foundation di Inggris. Kebingungan ini diperkuat oleh berbagai produk gigi yang tersedia di pasaran.

Jadi apa sebenarnya yang salah dari cara kita menyikat gigi, dan bagaimana kita bisa melakukan rutinitas itu secara efektif?

Apa metode terbaik untuk menyikat gigi?

"Banyak pasien memahami bahwa tujuan menyikat gigi adalah membersihkan sisa-sisa makanan,” kata Hirschfield. “Itu baru setengah benar. Hal yang jauh lebih penting ialah membersihkan bakteri dari gigi.”

Bakteri dan mikroorganisme lain tumbuh di dalam mulut setiap orang, dan membentuk biofilm, yang biasa dikenal sebagai plak gigi.

‘Selaput hidup’ ini terdiri dari sekitar 700 spesies bakteri, keanekaragaman terbesar kedua dalam tubuh manusia setelah usus, serta sejumlah jamur dan virus.

"Mereka hidup dalam selaput lengket yang menempel di gigi dan juga di jaringan lunak," kata Hirschfeld. "Selaput lengket ini tidak dapat dibilas dengan mudah – ia perlu dibersihkan secara manual."

Tempat yang paling penting untuk dibersihkan sebenarnya bukanlah gigi, melainkan gusi. Di sinilah mikroba paling mampu menyusup ke jaringan gusi dan menyebabkan peradangan, kemudian akhirnya kondisi seperti periodontitis.

Faktanya, "menyikat gigi" adalah istilah yang keliru. "Bayangkan menyikat gusi, daripada gigi itu sendiri," kata Hirschfeld. "Gigi kemudian akan tersikat secara otomatis."

Jadi bagaimana cara terbaik untuk melakukan ini?

Salah satu cara paling efektif untuk membersihkan biofilm disebut “modified Bass technique". Cara ini memerlukan lebih banyak ketangkasan manual daripada metode sikat gigi yang biasa dilakukan kebanyakan orang.

Posisikan sikat gigi pada sudut 45 derajat dari permukaan gigi (dimiringkan ke bawah untuk rahang bawah dan ke atas untuk bagian atas, seolah-olah Anda ingin menyentuhkan ujung bulu-bulu sikat ke pertemuan pangkal gigi dengan gusi). Kemudian lakukan gerakan memutar – seperti ditunjukkan dalam video ini.

Hati-hati, jangan terlalu keras menekan sikat gigi pada gusi. Tekanan yang diterapkan seharusnya tidak lebih dari 150-400g, kata Hirschfeld. Menyikat terlalu keras, terutama dengan sikat dengan bulu yang lebih keras, dapat menyebabkan trauma pada gusi.

Luka kecil di jaringan lunak yang disebabkan oleh menyikat gigi yang berlebihan bisa menjadi jalan masuk bakteri ke aliran darah. Dan menggosokkan bulu sikat keras-keras pada enamel dapat mengikis gigi seiring waktu.

Metode lainnya disebut metode Fones. Metode ini lebih mudah dari Bass – pegang sikat pada sudut 90 derajat dan buat gerakan melingkar di atas gigi, menyapu sekilas garis gusi.

Namun Nigel Carter dari Oral Health Foundation menekankan bahwa teknik yang sama persis dengan di buku teks tidak selalu menjadi yang terpenting.

"Apa yang umumnya direkomendasikan oleh dokter gigi dan ahli kebersihan akhir-akhir ini ialah melihat apa yang dilakukan orang tersebut, dan membuat modifikasi pada teknik yang sudah mereka lakukan untuk memperbaikinya," katanya.

Berapa lama sebaiknya kita menggosok gigi?

Menyikat gigi selama setidaknya dua menit, dua kali sehari adalah rekomendasi dari American Dental Association, NHS, Indian Dental Association, Australian Dental Association, dan banyak organisasi kesehatan nasional lainnya.

Masalahnya adalah, kebanyakan dari kita buruk dalam memperkirakan berapa lama sebenarnya dua menit itu. Durasi rata-rata gosok gigi kita sebenarnya sangat bervariasi, dari 33 detik, 45 detik, 46 detik, hingga 97 detik, menurut penelitian yang berbeda-beda.

Hanya sekitar 25% orang yang menyikat gigi cukup lama, dengan tekanan dan gerakan yang tepat, menurut satu penelitian yang dipimpin oleh Carolina Ganss, seorang profesor di departemen kedokteran gigi konservatif dan preventif di Justus-Liebig University Giessen di Jerman.

Untungnya, ada solusi mudah seperti menggunakan aplikasi ponsel, menempel jam pasir mini di dinding kamar mandi, atau sikat gigi elektrik yang dilengkapi pewaktu bawaan.

Secara umum, semakin lama waktu yang dihabiskan untuk menyikat, semakin banyak biofilm yang dibersihkan, kata Carter, tetapi dua menit diperkirakan sebagai waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan semua permukaan gigi dan garis gusi.

Namun, bagi orang dengan penyakit gusi atau kondisi kesehatan mulut lainnya, barangkali perlu waktu lebih lama untuk memastikan biofilm di gigi mereka sudah benar-benar bersih.

Seberapa sering sebaiknya kita menggosok gigi?

Saran di negara-negara seperti AS, Inggris, dan Australia adalah menyikat gigi dengan teknik yang benar sebanyak dua kali sehari. Namun, Asosiasi Gigi India mengatakan menggosok gigi hingga tiga kali sehari (termasuk setelah makan siang) dapat bermanfaat. Bagi kebanyakan orang tanpa masalah kesehatan mulut utama, tidak ada faedahnya melakukan lebih sering dari ini.

"Lebih banyak gosok gigi belum tentu lebih baik untuk menghilangkan bakteri dari gigi dan mungkin sebenarnya berbahaya bila menyikat lebih sering dari dua kali sehari", karena menyikat gigi yang berlebihan berisiko menyebabkan abrasi pada gigi, kata Hirschfeld.

Menyikat gigi dua kali juga membantu mengatasi teknik yang tidak sempurna. "Kalau Anda menyikat dengan sempurna, satu kali sehari mungkin sudah cukup, karena plak yang lebih tua pada gigilah yang sebenarnya menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi," kata Carter. "Tapi tidak ada dari kita yang melakukannya 100%. "

Sebelum atau sesudah makan?

Apakah lebih baik menyikat gigi sebelum atau sesudah sarapan? Dari produsen pasta gigi hingga rumah sakit gigi, banyak yang menganjurkan bahwa lebih baik menyikat gigi sebelum sarapan daripada sesudahnya. Tapi ini masih menjadi area perdebatan.

"Tidak ada rekomendasi khusus yang kuat," kata Hirschfeld. "Tetapi banyak dokter gigi akan merekomendasikan menyikat gigi setelahnya, karena mereka tidak hanya akan menghilangkan plak tetapi juga sisa-sisa makanan dari sarapan."

Lebih penting daripada pertanyaan sarapan adalah gosok gigi di malam hari, yang jawabannya lebih sederhana: itu harus selalu dilakukan tepat sebelum tidur.

"Air liur Anda adalah mekanisme perlindungan alami Anda," kata Carter, menghambat pertumbuhan bakteri dan kerusakan gigi. "Aliran air liur berkurang pada malam hari, jadi itulah mengapa sangat penting semua plak dibersihkan sebelum Anda tidur."

Apa jenis sikat gigi terbaik?

Ada beberapa sikat gigi dan pasta gigi di pasaran yang bisa mengikis gigi Anda, kata Hirschfeld. Pasta gigi yang sangat abrasif, yang sering diberi label sebagai "pemutih", dan sikat berbulu keras dapat mengakibatkan ini, terutama bila digunakan bersama-sama.

"Ini adalah proses yang sangat lambat dan terjadi selama bertahun-tahun atau beberapa dekade," katanya. "Namun seiring waktu, gigi menjadi terkikis dan kemudian bisa sangat sensitif terhadap suhu atau jadi mudah berlubang."

Sikat berbulu sedang (tidak keras dan tidak lembut) adalah yang terbaik bagi orang dewasa, serta pasta gigi yang tidak mengandung partikel abrasif. Kepala sikat yang lebih kecil – lebih memudahkan manuver di sekitar gigi – juga lebih baik, kata Hirschfeld, begitu pula mengganti sikat gigi yang sudah lama dipakai sebelum bulu sikatnya menjadi aus.

Sikat gigi tradisional atau siwak dari pohon Salvadora persica, yang banyak digunakan di Afrika, Timur Tengah dan Asia Selatan, juga efektif dalam menghilangkan plak dan mencegah gigi berlubang. Tetapi mereka lebih berisiko menyebabkan abrasi pada gusi jika tidak digunakan dengan benar.

Yang jauh lebih efektif daripada opsi manual, meskipun juga lebih mahal, adalah sikat gigi elektrik. Setelah bertahun-tahun penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya, sejumlah meta-analisis  telah menemukan beberapa bukti bahwa sikat gigi elektrik lebih efektif daripada sikat gigi manual dalam membersihkan plak. (Para peneliti dalam meta-analisis ini mengungkapkan bahwa mereka pernah menerima dana dari produsen sikat gigi elektrik di masa lalu.)

Perlukah Anda menggunakan benang gigi (flossing)?

Meskipun ada kontroversi tentang kurangnya penelitian tentang flossing, banyak organisasi kesehatan gigi tetap menjadi pendukung setia praktik tersebut.

"Bila Anda menganggap setiap gigi sebagai kubus di mana lima permukaan terpapar ke lingkungan mulut, semua area ini ditumbuhi biofilm, dan sebenarnya tidak ada alasan mengapa harus meninggalkan setengahnya," kata Hirschfeld.

Di Inggris, Carter memperkirakan bahwa proporsi yang sangat kecil – mungkin satu dari 20 orang – terbiasa menggunakan benang gigi. Sebuah survei pada tahun 2019 menemukan bahwa sepertiga orang dewasa Inggris tidak pernah menggunakan benang gigi sama sekali.

Bagaimanapun, flossing bukan satu-satunya cara untuk menghilangkan biofilm di antara gigi. Karakteristik gigi Anda – rapat atau renggang, misalnya – akan menentukan cara yang paling efektif, apakah sikat kecil atau benang tipis. Bagi mereka yang menderita masalah gusi atau gigi, pembersihan antar gigi adalah kesempatan untuk usaha maksimal.

"Banyak pasien kami menggunakan berbagai macam alat pembersih interdental, jadi mereka mungkin punya lima atau enam sikat gigi dengan ukuran yang berbeda, benang gigi, dan sikat lainnya," kata Hirschfeld.

Waktu yang dihabiskan untuk flossing adalah bagian dari dua menit perawatan gigi Anda, ujarnya, dan tidak perlu melakukannya lebih dari satu kali sehari.

Jenis pasta gigi apa yang terbaik?

Meskipun ada beragam merek pasta gigi, merek yang mahal tidak diperlukan untuk hal-hal yang terpenting, Hirschfeld dan Carter sepakat.

Dari daftar panjang bahan-bahan di belakang kemasan pasta gigi pada umumnya, ada satu bahan khusus yang harus diwaspadai: "Kandungan fluorida," kata Hirschfeld. "Itu jelas faktor kuncinya."

Kandungan fluorida dalam pasta gigi harus sekitar 1.350 parts per million (ppm) untuk orang dewasa, dan 1.000 ppm untuk anak-anak untuk melindungi enamel dari asam.

Enamel gigi adalah jaringan paling keras dalam tubuh manusia, dan salah satu yang paling sulit ditemukan di alam. Namun kendati tahan terhadap gaya mekanik, enamel mudah larut dalam asam.

Mikroba dalam biofilm melepaskan asam laktat sebagai produk sampingan metabolisme gula dan karbohidrat yang terselip di antara gigi. Asam laktat ini secara bertahap meluluhkan kalsium dan fosfat dari enamel, yang perlahan-lahan mulai hancur dan membentuk lubang.

Senyawa yang secara alami terkandung dalam air liur dapat menggantikan mineral yang hilang. Khususnya, bila ada fluorida (yang secara alami terkandung dalam tanah dan air di banyak tempat di dunia), maka enamel berubah menjadi fluorapatit, yang lebih tahan terhadap asam daripada hidroksiapatit.

Meludahkan pasta gigi setelah selesai menggosok gigi tanpa membilasnya membantu fluorida bertahan di sekitar gigi lebih lama, untuk perlindungan tambahan.

"Sejak fluorida dimasukkan ke dalam kandungan pasta gigi, insiden gigi berlubang telah turun di tempat-tempat pasta gigi berfluoridasi digunakan," kata Hirschfeld.

Namun Anda perlu berhati-hati dengan beberapa bahan populer. Arang (charcoal), yang telah digunakan untuk membersihkan gigi selama ribuan tahun dan menjadi semakin populer di pasta gigi komersial, tidak didukung oleh banyak penelitian seperti halnya fluorida.

Baru ada sedikit bukti ilmiah bahwa arang memutihkan gigi, dan ia dapat meningkatkan risiko erosi gigi serta masalah lainnya. Klaim mengenai sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus pasta gigi yang mengandung arang tidak disokong oleh bukti ilmiah, menurut satu studi telaah.

Beberapa zat aditif populer lainnya mungkin kurang kontroversial. Pasta gigi yang mengandung soda kue (kristal kecil natrium bikarbonat) telah terbukti lebih baik dalam membersihkan plak lebih baik daripada yang tidak, menurut penulis satu meta-analisis, meskipun mereka mencatat bahwa diperlukan lebih banyak studi lanjutan (penulis studi itu menyatakan bahwa mereka pernah menerima dana dari produsen sikat gigi dan pasta gigi di masa lalu).

Perlukah menggunakan obat kumur?

Obat kumur kurang efektif dibandingkan menyikat gigi dalam membersihkan plak, kata Carter, tetapi bila digabungkan keduanya dapat menghilangkan sedikit lebih banyak plak daripada hanya menyikat gigi.

"Saya bisa bilang bahwa itu adalah elemen tambahan yang sangat berguna, tidak menggantikan menyikat gigi tetapi sebagai tambahan."

Namun, obat kumur dapat berguna untuk mengobati gingivitis, menurut satu pernyataan konsensus baru-baru ini. Supaya ada manfaatnya, obat kumur harus mengandung setidaknya 100ppm fluorida dan terbukti secara klinis dapat mengurangi plak. Dan yang terbaik adalah menggunakannya hanya jika gusi Anda sudah berdarah, bukan sebagai tindakan pencegahan.

Jadi bisa dibilang ada semacam “sweet spot” dalam menggosok gigi secara efektif. Kurang banyak menyikat, biofilm dapat berkembang dan menyebabkan gigi berlubang periodontitis. Menyikat terlalu banyak, atau terlalu keras, dan enamel akan terkikis seiring waktu.

Meskipun upaya maksimal – dengan benang gigi atau sikat antara gigi, dan mungkin obat kumur jika Anda menderita gingivitis – dapat merepotkan, hasil jangka panjangnya sepadan bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Menyikat gigi secara efektif kini dipandang sebagai cara yang baik tidak hanya untuk menurunkan risiko bau mulut, gigi kuning dan gigi berlubang, tapi juga kondisi seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular dan penurunan kognitif.

"Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa satu jalur yang menghubungkan penyakit periodontal dan gangguan kognitif adalah melalui peradangan," kata Bei Wu, profesor dekan di bidang kesehatan global di Rory Meyers College of Nursing Universitas New York.

"Perilaku kebersihan mulut yang baik, seperti menyikat gigi secara efektif dapat mengurangi plak gigi dan mengurangi risiko peradangan gusi". (*)

Tags : Sikat Gigi, Menyikat Gigi dengan Benar, Sains Anjurkan Menyikat Gigi dengan Benar,