Headline Artikel   2024/02/19 22:12 WIB

Dian Pelangi, Desainer Busana Muslim Kenamaan yang Digunakan AMIN

Dian Pelangi, Desainer Busana Muslim Kenamaan yang Digunakan AMIN
Dian Pelangi, Desainer busana muslim

ANIES BASWEDAN dan istrinya, Fery Farhati mengenakan busana couple bermotif tulisan AMIN belum lama ini. Hal itu terungkap dari unggahan keduanya di Instagramnya masing-masing, Minggu (18/2/2024). 

"AMIN gunakan Desainer busana muslim kenamaan Dian Pelangi."

"Hari ini berkegiatan dengan outfit couple karya Mbak @dianpelangi. Terima kasih sudah dibuatkan khusus untuk keluarga AMIN (emoticon senyum). WE LOVE IT!!!" Tulis caption Fery Farhati.

Ternyata, outfit couple yang dipakai Anies dan sang istri merupakan karya desainer busana muslim kenamaan, Dian Pelangi.

Unggahan tersebut kemudian direspons sang desainer. Ia mengucapkan terima kasih lantaran sudah memakai karyanya. 

"MasyAllah ibu Fery dan pak Anies pas sekali ukurannya suatu kehormatan bu desain saya sampai dipakai oleh ibu dan bapak. Alhamdulillah semoga berkenan ya pak, bu," ungkap Dian Pelangi di kolom komentar.

Lalu siapakah Dian Pelangi, desainer yang busana karyanya dipakai Anies beserta istri?

Profil Dian Pelangi

Dian Pelangi mempunyai nama asli Dian Wahyu Utami. Wanita yang dikenal sebagai selebgram dan desainer busana muslim ini lahir di Palembang, Sumatera Selatan pada 14 Januari 1991.

Selain seorang desainer busana muslim, ia merupakan penulis buku berjudul Hijab Street Style dan Brain, Beauty, and Belief. Ia juga merupakan founder Hijaber Community.

Pada 2013, Dian ikut menjadi pemain dalam film berjudul 99 Cahaya di Langit Eropa. Namanya masuk dalam daftar 500 daftar desainer berpengaruh dalam dunia fesyen versi Business of Fashion Magazine di tahun 2015.

Lalu tahun 2018, Dian masuk dalam daftar 30 under 30 Asia 2018 kategori 'The Arts' dan 'Celebrities' versi majalah Forbes. 

Wanita berhijab ini merupakan anak dari pasangan Ir Djamaloedin dan Hernani. Ia menempuh pendidikan dasarnya di MI 2 Palembang sebelum akhirnya melanjutkan ke SMP Insan Kamil dan Pondok Pesantren Al-Ihya Bogor.

Atas desakan orangtuanya, Dian Pelangi kemudian melanjutkan ke SMK Negeri 1 Pekalongan jurusan tata busana. Setelah lulus SMK, dia kemudian menempuh pendidikan di École Supérieure des Art et Techniques de la Mode (ESMOD) dan lulus pada 2008.

Dian kemudian dipercaya oleh orangtuanya untuk memegang kendali butik Dian Pelangi usai menyelesaikan pendidikannya di ESMOD.

Ketika Dian Pelangi mengambil alih kepengurusan bisnis keluarganya, ia mengamati model pakaian yang diproduksi masih terbatas pada gamis, kaftan, dan busana muslim yang tergolong bermodel tua dan kurang kekinian.

Sepanjang 2009, dia rajin memperkenalkan rancangan busana muslim dengan gaya dan tren terbaru tengan mendobrak model lama. Ia memperkenalkan rancangan pakaian yang lebih modern dan berbeda.

Di tahun 2009 juga, Dian Pelangi diundang secara khusus oleh Kementrian Pariwisata untuk memamerkan karyanya di pagelaran busana yang diadakan pemerintah Indonesia di Melbourne, Australia. Pada tahun ini, ia juga mengikuti peragaan busana Jakarta Fashion Week 2009.

Lalu di 2010, Dian kembali diminta Kementerian Pariwisata untuk memamerkan rancangannya dalam acara Indonesia is Remarkable di London. Dia juga pernah diundang untuk mengikuti The International Fair of Muslim World pada 2011.

Tak hanya itu, ia pernah menyambangi beberapa kota lain mancanegara seperti Abu Dhabi, Kuala Lumpur, Singapura, Brussels, dan New York.

Selebgram cantik ini juga pernah memamerkan karyanya pada New York Fashion Week 2014 dan Paris Fashion Week 2017. 

Pada 17 November 2019, Dian Pelangi resmi menikah dengan pengusaha bernama Sandy Nasution yang merupakan seorang pengusaha yang memiliki perusahaan di bidang teknologi dan informasi.

Sebelum menikahi Sandy Nasution, Dian Pelangi pernah menjalani rumah tangga dengan Tito Haris. Namun, bahtera rumah tangganya berakhir perceraian. (*)

Tags : Dian Pelangi, desainer busana muslim, desainer, anies baswedan, Anies, Fery Farhati, busana couple, outfit couple, AMIN,